18.2.15

Tips Pengaturan Pola Makan Anak Obesitas



 Hai bunda... berikut ini pengaturan pola makan bagi anak yang kelebihan berat badan atau obesitas, semoga bermanfaat ya?
Kelebihan berat badan (BB) adalah kelebihan berat dari BB ideal sesuai tinggi badan, disertai penumpukan jaringan lemak. Berikan pola makan ini pada balita yang memiliki kelebihan BB.

Penyebab dan risiko, terutama pola hidup tidak sehat dan faktor genetik. Kelebihan BB pada anak bisa memicu berbagai komplikasi, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, sindroma metabolik dan penebalan darah jantung.

Atasi dengan mengatur pola makan sehat, yaitu 3 kali makanan pokok dengan selingan buah, batasi onsumsi minuman jus dan minuman ringan (soft drink).

Makanan yang dianjurkan:
  • Tinggi serat, rendah lemak dan kalori, terutama aneka sayuran dan buah-buahan.
  • Diolah dengan cara direbus, kukus, atau panggang, dan kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng.
Makanan yang dihindari:
  • Tinggi kandungan lemak, gula, kalori, karbohidrat, dan minyak. Contoh, daging merah berlemak, keju, kulit ayam, cream butter, seafood, makanan yang diproses dengan cara digoreng.
  • Pembatasan konsumsi lemak dilakukan bila anak sudah berusia 2 tahun, dan dilakukans ecara bertahap. Maksimal 30% dari total kalori yang dikonsumsi pada usia 5 tahun. Bila anak berumur di bawah 3 tahun, jangan dilakukan pembatasan konsumsi lemak karena perkembangan otaknya butuh banyak lemak.
  • Minuman bersoda, es sirup, makanan ringan (snack) dalam ekmasan, kentang goreng, aneka jenis makanan yang diberi penambah rasa gurih
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment