26.2.15

Kebiasaan Ajaib Bayi Mungil Disaat Sedang Tidur


Hai bunda... berikut ini kebiasaan ajaib bayi disaat tidur, yuk kita bahas satu per satu...
Ngorok bukan cuma dialami oleh Anda saja, bayi mungil juga bisa! Bayi punya beberapa kebiasaan ajaib saat tidur. Kenali yuk apa saja!
  • Menjedotkan kepala. Tiba-tiba Anda sudah melihat bayi mungil Anda menggerakkan kepala ke arah tembok atau sisi-sisi boksnya.  Ia terlihat seperti hendak membenturkan kepalanya, padahal tidurnya sangat pulas. Polah ini terjadi pada bayi usia 6 bulan. Sebenarnya ia sedang asyik menggerakkan badannya saat tidur. Kadangkala gerakannya ekstrim, hingga terlihat seperti membenturkan salah satu anggota tubuh. Padahal gerakan itu salah satu cara untuk menenangkan dirinya sendiri. Anda hanya perlu memberikan pengaman ekstra di sekitar tempat tidur atau boksnya agar anak terhindar dari cidera.
  • Mendengkur. Bayi mengeluarkan suara seperti ngorok saat tidur karena kualitas tenggorokannya masih lunak. Seiring bertambahnya usia suara seperti ‘mendengkur ini akan menghilang. Namun ada faktor lain di balik mendengkurnya bayi, yaitu karena ada penyumbatan pada saluran pernafasan. Penyumbatan ini bisa datang dari lendir yang berasal dari sisa-sisa air susu yang menempel di tenggorokannya. Jika mendengkur karena alergi, jangan ragu untuk datang ke dokter untuk mencari sumber alerginya dan ‘menyelesaikan’ alerginya.
  • Berhenti bernafas. Napas bayi tiba-tiba berhenti saat tidur dikenal sleep apnea. Gangguan ini terjadi karena adanya penyempitan jalan nafas yang mengakibatkan udara tidak bisa masuk dan keluar. Akibat oksigen yang merosot dan kadar karbondioksida yang banyak, anak akan terbangun disertai suara hentakan keras seolah nafas baru terbebas. Proses bangun ini disebut bangun mikro, di mana gelombang otak terbangun tapi anak tidak terjaga. Ini akan terjadi secara berulang sehingga membuat kualitas tidur bayi Anda berkurang. Anak yang menderita sleep apnea perkembangan fisik dan otaknya akan terganggu. Anda dapat konsultasikan masalah ini pada dokter anak.
  • Berkeringat deras. Beberapa bayi berkeringat lebih banyak saat tidur. Mekanisme mendinginkan suhu badan pada beberapa anak pun terkadang berlebihan, sehingga keringatnya banyak, walaupun cuaca atau udara di sekitar anak tidak terlalu panas. Keringat yang berlebihan biasanya bukan merupakan pertanda adanya penyakit tertentu, kecuali bila ia berkeringat karena menggunakan baju atau selimut berlapis-lapis. Ini dapat memicu sleep apnea atau overheating yang dapat memicu sindroma kematian bayi mendadak (SIDS). Di luar itu, hal yang perlu Anda perhatikan adalah jaga suhu kamar tetap stabil -sekitar 18-23ÂșC- dan segera mengganti bajunya jika basah agar tidak masuk angin.
  • Gigi gemeretak. Suara aneh ini muncul setiap bayi tidur. Ternyata sumbernya berasal dari dalam mulutnya. Kebiasaan ini sering terjadi saat bayi memiliki gigi pertamanya. Tidak ada yang aneh karena penyebabnya adalah sensasi dari gigi barunya itu. ‘Adukan’ rasa sakit dan gatal dari gigi dan gusinya membuat bayi bermain-main dengan gigi dan gusinya. Anda perlu khawatir dan segera berkonsultasi ke dokter bila keadaan seperti ini terjadi terus-menerus di satu malam, tanpa henti.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment