9.2.15

Cara Untuk Membantu Anak Agar Mampu Beradaptasi Disekolah



 
Hai bunda berikut ini cara untuk membantu anak agar mampu beradaptasi disekolah, semoga bermanfaat...
 
Anak usia TK memang belum memiliki kesiapan bersekolah sematang anak usia SD. Untuk itu, saat orang tua akan mengikutsertakan balitanya dalam kegiatan sekolah, mereka harus memilih sekolah dengan program yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak.

Sekarang ini, banyak sekali jenis sekolah yang bisa dipilih orang tua. Misalnya, sekolah yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia hingga bahasa asing. Sekolah yang tidak terlalu besar hingga sekolah dengan halaman bermain yang sangat luas. Atau, sekolah yang berbiaya sedang-sedang saja sampai yang berbiaya mahal sekali. Setiap sekolah menyediakan program-program yang memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Pilihan tergantung selera orang tua. Namun, yang harus diwaspadai, cocok atau tidak dengan anak. Jangan sampai, orang tua sudah mahal-mahal membayar tetapi anak tidak mau sekolah karena merasa tidak enjoy .

Ada baiknya, sebelum mengikutsertakan anak pada kegiatan sekolah, orang tua melakukan beberapa hal sebagai berikut:
  • Pastikan bahwa anak sudah siap mental untuk berpisah dengan orang tua. Ini agar anak tidak merasa sekolah sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan.
  • Mulai perkenalkan pada anak apa itu sekolah dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Misalnya, dengan membawa anak ke sekolah yang nanti akan ia ikuti. Ceritakan bahwa ia akan bersekolah di sana. Dan ia akan bisa bermain dengan gembira bersama teman-teman, seperti yang dilihatnya di halaman sekolah.
  • Biasakan anak bangun pagi beberapa hari sebelum tiba hari sekolah. Ajak ia untuk segera mandi pagi dan sarapan. Dengan cara ini, secara bertahap anak akan terbiasa dengan kegiatan persiapan berangkat sekolah.
  • Orang tua juga dapat membuat anak senang sekolah dengan cara menyiapkan berbagai keperluan sekolah yang menarik. Misalnya, tas sekolah, wadah bekal makanan, tempat air minum, serta sepatu dan baju sekolah. Tak perlu mahal, asalkan bentuk dan warnanya sesuai dengan selera anak.
  • Siapkan pula aneka bekal makanan yang menarik.
Saat hari pertama sekolah, tak ada salahnya orang tua menemani dan mengantar anaknya ke sekolah. Ajak anak mengenal guru-guru di sekolah, teman-teman baru hingga petugas sekolah. Setelah beberapa hari berlalu, anak akan mulai terbiasa dengan lingkungan sekolahnya yang baru, dan tidak perlu ditemani lagi.
(Sumber : ayahbunda.co.oid)

0 komentar:

Post a Comment