27.2.15

Berbagai Manfaat Sendawa Bagi Bayi



 Hai bunda... berikut ini manfaat sendawa bagi bayi, semoga bermanfaat...
Anda tidak perlu cemas ketika bayi anda bersendawa setelah minum susu bahkan pada kondisi tertentu sendawa bayi dapat bersamaan dengan gumoh yaitu mengeluarkan susu dari mulut bayi. Sendawa pada bayi terjadi karena adanya pada ujung akhir saluran pencernaan terdapat otot yang memiliki fungsi mengatur isi perut agar menahan agar makan/minum yang dikonsumsi bayi tidak kembali. Proses menahan makan/minum yang dilakukan otot perut disebut mekanisme ventil. Mekanisme ventil pada bayi belum sempurna ini karena pada usia bayi lahir masih butuh penyesuaian dengan sistem pencernaan bayi.
Taukah anda bahwa sendawa sangat bermanfaat untuk bayi. Pada saat ibu menyusui bayi seringkali udara ikut masuk bersama susu sehingga membuat volume udara ikut tertelan oleh bayi. Apalagi bila anda menyusui dengan posisi yang kurang tepat sehingga bayi sering menangis akibat ketidaknyamanan ketika mendapatkan ASI.
Kondisi seperti itu akan menambah volume udara yang masuk sehingga memungkinkan udara masuk tertahan di bagian atas lambung. Akibatnya akan membuat perut kembung dan bayi rewel. Itulah sebabnya dengan sendawa dapat membantu mengurangi risiko perut kembung pada bayi.
Dengan menyendawakan bayi maka akan membantu untuk melepas semua gelembung udara yang membuat bayi tidak nyaman. Selain itu sendawa akan membantu bayi agar tidak gumoh. Gumoh adalah kondisi dimana bayi mengeluarkan cairan di mulutnya, umumnya berupa ASI. Dengan membuat bayi sendawa maka akan mengurangi gumoh yang terjadi setelah ibu menyusui bayi.
Manfaat sendawa lainnya yaitu mengurangi rewel karena kondisi perut yang tidak nyaman. Bayi yang mengalami perut kembung akan mengalami ketidaknyamanan dan membuatnya sering nangis. Sendawa pada bayi memiliki perbedaan ada yang perlu disendawakan ada pula yang sendawa sendiri.
Meskipun demikian pada usia 0-9 bulan bayi belum bisa melakukan sendawa sendiri dikarenakan gerakanya hanya berbaring. Bayi pada rentan usia tersebut belum bisa duduk atau membantu keluarnya udara dari lambung sehabis minum ASI. Dengan demikian untuk membuat bayi usia 0-9 bulan bersendawa diperlukan posisi yang membantu bayi bersendawa.

Berikut adalah posisi yang membuat bayi bersendawa :

1. Posisi menghadap ke belakang
Anda dapat meletakan anduk kecil di bahu untuk menahan muntahan bayi. Kemudian gendong bayi untuk menghadap ke belakang dengan menopang ke bahu anda. Selanjutnya tegakan tubuh dan biarkan untuk menyandarkan kepala bayi di bahu anda selanjutnya anda dapat menggunakan satu tangan untuk menahan tengkuk dan bokong bayi, sedangkan pada tangan satunya lagi anda dapat mengelus-ngelus sampai bayi anda bersendawa.
2. Posisi tengkurap di pangkuan
Anda dapat membuat bayi anda tengkurap di atas pangkuan anda. Selanjutnya anda dapat menopang dada bayi dengan tangan agar kepala lebih tinggi denga tubuhnya. Selanjutnya elus-elus punggung hingga bayi bersendawa.
3. Posisi digendong di depan
Anda dapat menggendong bayi dengan cara menyangga di tengkuk dan bokong. Kemudian usahakan agar kepala bayi sedikit lebih tinggi selanjutnya anda letakan handuk kecil di dadanya untuk menampung muntahan. Terakhir anda dapat mengelus-ngelus punggung bayi anda hingga bersendawa.
Posisi membuat bayi sendawa akan berlangsung minimal 0-4 bulan. Pada dasarnya usia 4 bulan bayi sudah dapat bersendawa tanpa perlu bantuan menggunakan posisi posisi di atas.

Sumber : Bidanku.com

0 komentar:

Post a Comment