27.2.15

Beberapa Jenis Penyakit Yang Seringkali Menyerang Anak-anak Dimusim Hujan Dan Cara Pencegahannya



 Hai bunda... sekarang ini lagi musim hujan, banyak penyakit yang bisa menyerang anak-anak. Nah berikut ini beberapa jenis penyakit yang yang seringkali menyerang anak-anak dan cara pencegahannya, semoga bermanfaat... 
Memasuki musim hujan merupakan ancaman yang serius untuk kesehatan anak-anak. Beberapa penyakit mungkin dapat membuat anak anda tidak dapat beraktifitas sehingga penting sekiranya untuk memberikan pencegahan yang tepat sesuai dengan penyakit yang seringkali menyerang anak- anak.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit dan sekaligus cara pencegahannya :

1.   Infeksi Saluran Pernapasan Atas
Pada saat musim hujan tiba seringkali orang tua mengeluhkan anaknya yang mengalami kondisi demam yang disertai pilek, batuk, bersin dan sakit tenggorokan. Apabila kondisi anak tidak dapat sembuh dalam beberapa dua hari sebaiknya anda bawa ke dokter anak dikhawatirkan mengalami ISPA. Infeksi Saluran Pernapasan Atas berhubungan dengan lingkungan terutama kondisi rumah tempat bermukim dan bermain, sehingga penting untuk anda menjaga kesehatan dan kebersihannya untuk mengurangi resiko ISPA pada anak anda, apalagi bila anak anda mempunyai riwayat sebelumnya. Selain itu anda dapat menjaga stamina tubuh anak anda dengan meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, pola makan yang teratur dan mengatur pola tidur pada anak anak. Pengawasan menjadi salah satu upaya yang paling utama sehingga dapat menangkis virus dan bakteri yang disebabkan karena air hujan yang membuat udara lembab di sekitar anak anda.
2.   Diare
Pada saat curah hujan tinggi yang disertai dengan debu yang beterbangan akan membuat banjir dan resiko tercemarnya makanan dan minuman menjadi lebih tinggi sehingga menyebabkan kuman dan parasit pemicu diare menjadi meningkat. Dalam rangka pencegahan diare pada anak , hindari menggunakan air hujan untuk mencuci peralatan dapur apalagi alat makan anak anak karena tidak higienis dan membuat resiko kuman masuk ke dalam tubuh lebih besar. Jangan meremehkan diare pada anak, bila anak anda yang mengalami buang air besar dan untuk menghindari resiko kehilangan resiko terlalu banyak pada tubuhnya anda dapat membuat penolongan pertama pada cairan oralit.
3.   Flu
Anak yang seringkali mengalami kelelahan dan mempunyai gejala seperti demam, rasa kedinginan, nyeri otot, batuk dan disertai dengan nafsu makan yang menurun merupakan gejala anak anda mengalami infeksi virus influenza, untuk dapat menghindarinya anda dapat menjaga membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar sehingga memperkecil resiko infeksi virus pada musim hujan, hindari menyentuh mulut dan hidung terlalu sering pada musim hujan, bekali anak anda sapu tangan atau tisu pada saat anak anda batuk sehingga tidak membuat virus menyebar pada teman-temannya.
4.   Tifus
Penyakit yang seringkali menyerang anak anak ketika musim hujan adalah tifus. Penyakit ini seringkali berada di dalam air yang kotor yang tergenang. Di dalam air kotor tersebut sangat banyak terdapat kuman salmonella typhosa, pemicu tifus pada anak. Untuk dapat menghindarinya sebaiknya anda melakukan beberapa pencegahan diantaranya adalah memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak, hindari mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat. Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam menjaga penyakit ini adalah dengan menjaga kesehatan lingkungan yaitu membersihkan peralatan makanan anak-anak dan peralatan dapur dengan baik. Adapun untuk memeriksakan anak yang terjangkit tifus sebaiknya anda dapat membawanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan laboratorium.
(Sumber : Bidanku.com)

0 komentar:

Post a Comment