16.2.15

Tips Mengurangi Pertengkaran Kakak Beradik




Hai bunda... berikut ini tips mengurangi pertengkaran kakak beradik, semoga bermanfaat...
Penelitian Laurie Kramer, profesor di bidang pendidikan keluarga dari Universitas Ilinois, AS, menyebutkan, anak usia 2-4 tahun akan mengalami konflik dengan saudara kandung sebanyak 6,3 kali tiap jam, atau satu konflik tiap 10 menit. Kurangi keributan kakak-adik, dengan cara ini:
  • Terkadang anak meributkan siapa yang mendapat kue lebih besar, atau siapa yang menentukan acara di TV.  Ajarkan mereka untuk bergantian memegang remote control di waktu-waktu yang telah dijadwalkan, atau bergantian memilih pertama kali, potongan kue.  Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot memisahkan pertengkaran atau mengukur besarnya kue agar sama rata.
  • Hilangkan kompetisi dengan mengembangkan sikap saling menghargai dan mengembangkan keunikkan masing-masing.
  • Anak bisa mencontoh orangtua saat bertengkar.  Minimalkan pertengkaran terbuka di depan anak. Jika telanjur, katakan perbedaan pendapat itu biasa, dan pertengkaran salah satu cara untuk mencapai mufakat. Namun tekankan, konflik ada aturannya. Tunjukkan pula bahwa pertengkaran tidak perlu berlarut-larut.
  • Jangan terlalu cepat melerai pertengkaran anak,  biarkan mereka memelajari cara menyelesaikan masalah tanpa bantuan orang lain.  Namun jika pertikaian sudah melibatkan fisik, bertindaklah.
  • Berikan batasan perilaku mana yang dapat ditoleransi dan yang tidak dalam keluarga, dan minta seluruh keluarga mematuhinya.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment