11.2.15

Tips Agar Sukses Melatih Anak Bertoilet


Hai bunda... berikut ini tips mengajarkan anak latihan bertoilet, semoga bermanfaat...

Tak perlu kaku. Anda boleh memakaian balita popok di malam hari di tahap awal ia belajar bertoilet. Hanya saja, Anda perlu mengagendakan, agar ia terus melatih diri untuk mengendalikan dorongan buang air. Berikut tips agar latihan bertoilet berjalan sukses:
  • Buat jadwal ke toilet. Mulailah dengan membuat jadawal tetap ke toilet setiap haroi. Misalnya, mengajak anak ke kamar mandi untuk buang air kecil setiap baru bangun. Demikian buang air besar di wakt sama setiap hari. Ajaklah dengan cara menyenagkan, tanpa memaksa, perlihatkan empati apabila balita menemui kesulitan. Misalnya terlanjur pipis sebelum masuk toilet, atau sulit pup.
  • Ganti popok. Ganti penggunaan popok biasa dengan popok celana yang mudah dibuka speerti memakai celana biasa. Katakana pada balita bahwa opok ini adalah popok khusus anak yang sudah besar, dan jelaskan penggunaannya.
  • Bermain. Berikan balita boneka dengan celana yang biasa dibuka dan memiliki toilet sendiri. Dengan begitu ia bisa mempraktikannya pada boneka sebelum diterapkannya pada diri sendiri.  
  • Perangkat toilet. Sediakan perangkat toilet dengan motif-motif lucu. Di tahap perkenalan, Anda boleh membiarkan anak menggunakan perangkat toilet sebagai maianan lalu ajak ia secar aperlahan duduk di atasnya. temukan posisi terbaik untuk anak buang air. anak perempuan lebih nyaman dalam posisi duduk. Anak laki-laki posisi berdiri. Perhatikan juga respon masing-masing anak terhadap posisi tersebut. Saat balita menggunakan perangkat tersebut, tenangkan ia dengan memberinya semangat bahwa ia mampu bertoilet. Setelahnya, ajak ia buang air sambil menceritakan suatu kisah atau membacakan buku cerita favoritnya.
  • Bersikaplah optimis. Anda bukan satu-satunya orang tua yang berjuang agar anaknya dapat mengendalikan dorongan buang air. sejalan dengan jumlah jam terbang latihan, balita akan mahir. Pengalaman positif dan optimisme Anda di tahap perkenalan ini memuluskan proses bertoilet. 
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment