11.3.15

Berbagai Pilihan Sumber Karbohidrat Yang Cocok Untuk Menu Sarapan




Hai bunda,... berikut ini berbagai pilihan sumber karbohidrat yang cocok untuk menu sarapan buah hati anda,...
Melewatkan sarapan dapat mengakibatkan anak lemas dan pusing saat beraktifitas. Bahkan kebiasaan tidak sarapan pada anak dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan dan bisa memicu obesitas.

Jika anak tidak sarapan, rasa lapar di waktu makan berikutnya akan meningkat sehingga napsu makan menjadi tidak terkendali. Saat sarapan, penting bagi anak untuk mengonsumsi karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi yang lebih mudah diolah dan dicerna oleh sistem pencernaan anak. Berikut beberapa pilihan sumber karbohidrat:

Roti
2 lembar roti tawar mengandung 110 Kalori dan 1.1 gram serat. Padukan dengan selai kacang sebagai sumber protein nabati atau oles dengan mentega sebagai sumber lemak.

Nasi
½ porsi nasi atau 50 gram nasi memberikan kurang lebih 80 Kalori. Padukan dengan sayur dan sumber protein untuk menghasilkan 200-300 Kalori.

Mi
Mi mengandung mengandung 5.3 gram serat dalam 100 gramnya. Jika mi menjadi pilihan sumber karbohidrat, jangan padukan dengan nasi. Lengkapi sumber protein dengan tempe, tahu atau telur.

Kentang
Satu buah kentang ukuran sedang cukup untuk memenuhi kebutuhan anak untuk sarapan. Olah menjadi pure atau kentang panggang.

Sereal
Agar semua kebutuhan gizi terpenuhi, lengkapi sereal si kecil dengan buah dan 1 butir telur yang dimakan terpisah.

Tepung terigu
Tepung terigu termasuk ke dalam golongan kerbohidrat yang bisa menjadi alternatif hidangan sarapan. Olahan makanan dari tepung terigu bisa berupa pancake atau waffel.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment