10.3.15

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan Ketika Balita Sakit Gigi


 
Hai bunda,... berikut ini beberapa hal yang bisa bunda lakukan ketika balita anda mengeluh sakit gigi, semoga bermanfaat.... 
Gigi sehat adalah investasi penting bagi kesehatan anak. Gigi yang lengkap dan sehat akan membuat balita makin lahap menyantap semua makanan. Namun jika giginya berlubang atau gusinya bengkak, kegiatan makan bisa terganggu. Jika balita mengeluhkan sakit gigi, lakukan ini:
  • Ajak anak ke dokter gigi  untuk mengobati dan merawat giginya yang berlubang. Minta pada dokter untuk mengajarkan balita cara menggosok gigi yang benar, menggunakan alat peraga.   
  • Buat sup krim atau bubur jika balita tak mau makan  karena gigi berlubang. Gigi berlubang  sering terjadi di gigi geraham. Padahal gigi geraham berperan penting untuk melumatkan makanan sebelum makanan bisa ditelan. Buatkan makanan yang bisa langsung ditelan agar si kecil tidak kurang asupan gizinya.  Si 2-3 tahun tetap perlu diberikan jenis makanan yang harus dikunyah terlebih dahulu untuk merangsang perkembangan rahangnya.
  • Beri obat penurun panas. Ada kemungkinan usia 2 hingga 3 tahun, gigi geraham si kecil baru mulai tumbuh. Saat ini, ia mungkin akan lebih rewel dari biasanya karena rasa nyeri yang ditimbulkan. Seperti gigi yang pertama kali tumbuh, gigi geraham juga bisa membuat tubuhnya panas dan bengkak pada gusi. Jika panasnya tidak kunjung  turun dengan obat penurun panas yang Anda berikan, Anda bisa menemui dokter anak
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment