6.4.15

Tips Yang Efektif Memberi Makan Anak Yang Sedang Sakit


Hai bunda, ketika anak sakit seringkali nafsu makannya hilang. Berikut ini tips yang efektif memberi makan anak yang sedang sakit sehingga anak tetap mau makan, semoga bermanfaat...

Saat  sakit, anak akan kehilangan nafsu makan. Anda pun kerap dibuat bingung menerima gelengan  kepalanya setiap kali Anda menawarkan makanan.  Namun perutnya tetap perlu diisi.

Salah satu cara ‘memancing’ seleranya adalah dengan menyediakan makanan yang sesuai dengan gangguan kesehatan yang dialaminya. Sebab, setiap gangguan kesehatan  yang dialami anak, memiliki  menu yang berbeda pula.

Flu
Kunci untuk melawan flu adalah istirahat yang cukup dan makanan bergizi. Kebutuhan energi dan proteinnya lebih tinggi dibandingkan dalam kondisi normal, karena metabolismenya meningkat. Untuk membuatnya nyaman saat makan, pilih makanan berkuah. Menu seperti  aneka sup tepat untuknya.

Batuk
Batuk bukanlah penyakit, tapi merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan.  Merupakan gejala penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi yang terjadi di tenggorokan. Sama seperti saat flu untuk membuat pertahanan tubuh anak lebih kuat, ia membutuhkan energi dan protein lebih. Agar lebih nyaman saat makan, pilihlah makanan lunak dan berkuah untuknya. Selain menu utama.  Anda juga bisa memberinya minuman hangat yang mengandung jahe dan madu. Hindarilah makanan yang bisa memicu batuk seperti gorengan, makanan manis dan dingin.

Diare
Ketika pencernaannya terganggu akibat diare, pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap. Buah dan sayur yang berserat rendah, masih aman untuknya misalnya pisang, apel, wortel, apricot, kentang dan kacang polong. Bahan makanan tersebut juga mengandung pektin untuk membantu menyerap air. Hindari makanan pedas dan asam yang merangsang lambung, makanan berserat tinggi , juga makanan berlemak tinggi yang mengandung susu dan santan.

Sembelit
Sembelit biasanya menjadi langganan anak yang jarang mengonsumsi buah sayur. Kurangnya serat membuat pengeluaran tinjanya terganggu. Untuk mengatasinya, pilih makanan berserat tinggi seperti buah pepaya, jeruk, alpukat dan buah plum. Beri juga ia asupan cairan sebanyak 1 - 1,5 liter untuk melancarkan pencernaannya.

Sariawan
Saat ia sulit memasukkan makanan ke dalam mulut, pilih makanan yang mudah melewati mulutnya seperti bubur dan jus. Pastikan ia tetap mendapatkan karbohidrat yang cukup. Jika sulit mengunyah nasi, Anda bisa mengganti dengan sumber karbohidrat lain yang lebih lunak seperti kentang, umbi-umbian atau tepung. Pilih juga makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, stroberi, tomat, kiwi dan brokoli.

(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment