6.4.15

Tips Memberikan Obat Telan Pada Bayi



Hai bunda,... memberi obat pada bayi memang agak sulit. Nah berikut ini tips memberikan obat pada bayi, semoga bermanfaat...
 
Sebagian besar obat-obatan untuk bayi, setelah diracik diberi tambahan bahan berupa sirup dengan cita rasa yang bervariasi, misalnya rasa jeruk. Tujuannya agar terasa “enak” di lidah sehingga bayi mau menelannya. Obat dalam bentuk sirup ini dapat diberikan dengan menggunakan sendok, siring, atau pipet.

Siring dan pipet lebih sesuai untuk digunakan dalam memberi obat kepada bayi-bayi yang belum “pintar” menelan. Beberapa kemasan obat berbentuk sirup dilengkapi dengan tutup botol yang diberi pipet, sehingga dapat langsung digunakan sebagai alat bantu untuk meneteskan obat ke mulut bayi.

Cara memberikan:
  • Sedotlah cairan obat ke dalam tabung siring sesuai dosis yang tertera. Angkat tubuh bayi seperti posisi bila hendak diberi ASI, lalu masukkan ujung siring ke dalam mulutnya dengan menyentuhkan lebih dahulu pada bibirnya.
  • Begitu mulut bayi Anda mulai melakukan gerakan mengisap, barulah dorong obat hingga menetes pada ujung siring. Usahakan agar tetesan obat jatuh pada daerah dekat pipinya dan tidak di daerah tenggorokan karena dapat menyebabkan dia tersedak.
  • Setelah itu, cobalah susui bayi Anda untuk membilas sisa obat pada lidahnya.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment