6.4.15

Manfaat Penting Sarapan Bagi Tumbuh Kembang Anak-anak




 Hai bunda,.... sarapan sangat penting khususnya bagi anak-anak, berikut ini penjelasannya, semoga bermanfaat...
 
Sarapan merupakan makanan terpenting dalam satu hari, karena memberikan 30% energi harian. Hal ini disampaikan oleh Dr.Samuel Oetoro, dokter spesialis klinik gizi. Dr.Samuel mengatakan, sarapan sangat penting khususnya bagi anak-anak, sebagai bahan bakar untuk bermain dan belajar. Sarapan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Di mana bisa meningkatkan kadar gula secara perlahan dan memiliki sifat penyerapan yang baik oleh pembuluh darah.

Sarapan sehat terdiri dari:

  • Padi-padian. Salah satu contohnya adalah gandum utuh yang mengandung krabohidrat kompleks yang dapat dicerna perlahan sehingga dapat melepaskan energi secara bertahap dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Susu dan hasil olahannya. Seperti keju dan yoghurt, yang mengandung proteion dan kalsium untuk membantu pertumbuhan anak.
  • Buah dan sayuran. Mengandung vitamin dan mineral sebagai zat pengatur serta serta untuk membantu melancarkan pencernaan.
Apa saja manfaat dari sarapan:
  • Memberikan energi dan asupan nutrisi. Anak yang tidak sarapan, 30% asupan energi dan nutrisi akan hilang, dan tidak mudah untuk mengimbanginya dengan nutrisi tambahan pada siang dan malam hari.
  • Memperbaiki mood. Kehilangan gula darah 8-10 jam tanpa asupan makanan akan menurunkan mood anak. Sarapan yang baik akan mengisi kembali gula darah yang hilang dan anak akan merasa nyaman untuk menyambut hari mereka.
  • Membantu anak untuk dapat berprestasi di sekolah. Banyak survey menunjukkan bahwa sarapan memegang peranan penting untuk membantu anak berkonsentrasi sehingga dapat membantu mereka berprestasi di sekolah.
  • Membantu membentuk disiplin dan menunjang performa anak. Rutin sarapan setiap pagi, akan mengajak anak belajar berdisiplin dan mengatur diri. Dan dengan cukup energi akan membuat anak lebih percaya diri sehingga lebih aktif dan produktif.
Menjalin kebersamaan keluarga. Waktu sarapan adalah momen khusus keluarga yang dapat digunakan untuk membangun kebersamaan dan memperkuat hubungan orang tua dan anak.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment