6.4.15

Dua Tahapan Siklus Tidur Bayi




 Hai bunda,... ternyata ketika bayi tidur dia mengalami 2 siklus, berikut ini penjelasannya, semoga bermanfaat...

Apa yang terjadi ketika bayi tidur? Ternyata dia tidak mengalami hal yang sama sejak mulai tidur sampai waktunya bangun karena dalam satu siklus tidur, bayi mengalamai dua tahapan.
  • Dimulai dengan light sleep ketika dia masih mudah terbangun, kemudian masuk deep sleep atau tidur nyenyak. Setelah menyelesaikan satu siklus tidur, bayi akan masuk lagi ke tahap light sleep dan terus mengulangi siklus itu sepanjang malam.
  • Perpindahan dari deep sleep ke light sleep adalah periode rawan, dan bayi mudah terbangun. Bila ada sesuatu yang mengganggu, seperti ruangan yang terlalu dingin, lapar, atau popok basah, bayi akan terbangun. Bila tidak ada gangguan, dia akan memasuki tahap light sleep sekitar 10 menit sebelum kembali tidur nyenyak. 
  • Siklus tidur bayi hingga berusia 9 bulan berlangsung sekitar 50-60 menit. Lebih pendek dibanding siklus tidur orang dewasa yang berlangsung selama 90 menit. Akibatnya bayi punya lebih banyak periode rentan terbangun. Siklus tidur bayi lebih pendek daripada orang dewasa karena bayi belum bisa mengatur pola aktivitas tubuh, salah satunya pola bangun dan tidur. 
  • Bayi juga punya dua kali light sleep dibanding orang dewasa. Bayi baru biasanya tidur siang selama 8-9 jam dan 8 jam di malam hari. Ketika usia bayi bertambah, siklus tidurnya bertambah panjang dan tahapan light sleepnya semakin berkurang.
Memberikan cahaya yang redup berguna membantu tidur bayi lebih nyenyak. Anda bisa membantu bayi membentuk pola aktivitas tubuhnya dengan menciptakan kondisi lingkungan yang konstan, termasuk mengenalkannya dengan siang dan malam.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment