6.4.15

Berbagai Penyebab Bayi Sulit Menelan Makanan




Hai bunda,... bayi anda sulit menelan makanan? Apa penyebabnya? Nah berikut ini penjelasannya, semoga bermanfaat...

Mengunyah makanan, mengisap lalu mengeluarkannya, menunjukkan adanya gangguan pada ketrampilan menelan anak. Ini menyangkut kondisi fisiologis karena anak tidak mampu menelan makanan.

Bayi sulit menelan makanan bisa dikarenakan beberapa penyebab ini:
  • Aktivitas lidah. Kegiatan menelan makanan menyangkut aktivitas lidah yang mendorong makanan hingga memasuki keorngkongan. Bila kegiatan menelan tidak dapat dilakukan anak, berarti lidah juga tidak dapat mengatur makanan yang berada di mulut untuk ditelan sedikit demi sedikit. Ketikan anak mencoba menelan, makanan terdorong keluar sehingga bayi ingin muntah.
  • Fungsi saraf otak dan motorik organ. Proses menelan membutuhkan kerja sama antara fungsi saraf dan motorik organ-organ yang terlibat dalam kerja tersebut, seperti lidah dan rongga mulut. Dalam hal ini setiap orang memiliki kepekaan fungsi saraf yang berbeda.
  • Gangguan pencernaan. Ada anak yang punya riwayat gangguan saluran pencernaan, seperti sering gumoh. Pada perkembangan makannya, anak-anak seperti ini lebih cepat menyukai makanan orang dewasa. Ketika makanan itu dimasukkan ke dalam mulut, anak akan mengeluarkannya.
  • Bayi sariawan. Jika anak baisanya mau makan dengan mudah tapi tiba-tiba gemar mengeluarkan makanan yang ada di mulutnya, mungkin saja ia sedang sariawan, atau luka di lidah maupun gusinya. Kondisi membuat anak merasa perih ketika harus mengunyah makanan sehingga mengeluarkan kembali makanannya.
  • Radang amandel (tonsillitis) seringkaloi juga menyebabkan anak melepeh makanannya. Hal ini karena anak mengalami kesulitan mengunyah dan menelan.
  • Sensori terlalu peka.  Tanda-tanda anak mengalami gangguan makan yang disebabkan gangguan sensori, antara lain:
  1. Seperti mau muntah ketika harus makan makanan yang perlu dikunyah.
  2. Bisa menelan cairan dengan mudah.
  3. Dapat mengigit dna mengunyah makanan padat, tapi tak bisa menelannya.
  4. Langsung menelan makannya untuk menghindari mngunyah.
  5. Sangat peka sehingga  bisa menelan makanan padat tapi malah tak bisa menelan cairan.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment