1.4.15

Cukupi Gizi Anak Untuk Optimalkan Kinerja Otak...


 

Hai bunda,... ternyata kinerja otak sangat ditentukan oleh aneka zat gizi yang dikonsumsi anak. Nah berikut ini penjelasannya, semoga bermanfaat...
Setelah lewat masa ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi mulai diberi makanan pendamping ASI (MP-ASI). Tujuannya agar tubuh bayi selalu memperoleh berbagai zat gizi dalam jumlah yang sesuai.

Secara umum, semua zat gizi  diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak anak. Namun, ada beberapa zat gizi yang secara  khusus  mempengaruhi kerja otaknya

Cukupi kebutuhan. Seiring dengan pertambahan usianya, anak Anda akan semakin terampil. Misalnya, setelah anak Anda melewati satu tahun pertamanya, dia sudah mulai bisa berjalan. Kemampuan ini merupakan hasil dari keterampilannya dalam mengoordinasikan gerakan kepala, tubuh, tangan, dan kedua kakinya untuk melangkah, setapak demi setapak. Semua itu tentu tak lepas dari hasil perkembangan berbagai bagian otaknya.

Nah, agar proses tumbuh-kembang anak, termasuk tumbuh-kembang otaknya, berjalan optimal, maka seluruh jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuhnya harus selalu dipenuhi. Itu sebabnya, pemberian MP ASI pun sebaiknya sehat, bergizi seimbang dan bervariasi.

Dengan demikian, tubuh bayi mendapat asupan  karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin dan tak ketinggalan mineral dengan baik. Selain itu, jenis makanannya juga harus  sesuai dengan tahap keterampilan makan yang sudah dicapai bayi.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment