7.4.15

Tips Agar Balita Mencintai Buku



Hai bunda,... yuk ajak balita anda mencintai buku. Nah berikut ini tips agar balita cinta buku, semoga bermanfaat...
 
Mulai kapan anak diajak membaca buku? Sebenarnya bisa sejak bayi, tapi jika baru Anda mulai pada usia 2-3 tahun tak berarti terlambat. Sebab untuk belajar cinta membaca, anak usia ini sudah mampu mengerti cerita buku. Ia pun sudah bisa diajak bercerita kembali. Ajak anak cinta buku dengan:
  • Baca setiap hari.
  1. Kegiatan baca buku setiap hari menumbuhkan kebiasaan baru yang sehat.
  2. Berikan buku yang variatif dan sesuai tariff berpikir anak serta mengandung pesan-pesan edukatif.
  3. Baca secara perlahan agar balita memahami apa yang Anda ucapkan.
  • Seperti mendongeng. Maksudnya, ketika membacakan cerita dari buku, bumbui dengen ekspresi dan intonasi suara yangberebda-beda sesuai jalannya cerita. Ekspresi Anda yang mendukung karakter dari tokoh-tokoh di dalam cerita membuat balita tertarik dengan isi buku.
  • Ajak berskperimen. Ajak balita bereksperimen dengan aneka ekspresi untuk menghidupkan suasana mendongeng. Misalnya, tanyakan tentang apa yang terjadi pada cerita itu. Dari sini Anda tahu seberapa besar daya tangkap balita. jangan lupa gentian mendengarkan ceritanya. Memberinya kesempatan bercerita adalah cara efektif anak belajar bicara.
  • Mudah dijangkau. Simpan buku-buku milik balita di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau agar setiap saat ia bisa langsung mengambil tanpa perlu minta bantuan orang lain. Lebih baik balita rajin membaca buku tanpa disuruh, bukan?
  • Ajak ke perpustakaan atau toko buku. Sering-sering ajak anak mengunjungi perpustakaan atau toko buku. Biarkan dia menikmati indahnya deretan buku-buku yang merangsangnya untuk membaca. Membiaaskan balita berada dalam lingkungan yang dipenuhi buku, menambah kelektan anak dengan buku. 
  • Keluarga terlibat. Ajak seisia rumah untuk mencintai buku, agar anak paham bahw abuku penting bagi orang sekitarnya. Di usia ini, anak belajar kebiasan dari meniru orang lain. 
  • Sebagai panduan. Biaskan membuka buku panduan terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Misalnya memasak atau membuat prakarya. Anak akan merasa terbantu saat ,emgikuti langkah-langkah yang ada di buku. Mungkin balita belum bisa membaca, tetapi ia bisa tahu dengan melihat gambar apa yang diperintahkan buku. Selain itu membaca sambil mempraktikkan adalah cara jitu membuat anak cerdas. 
  • Bukan reward atau punishment. Jadilah buku sebagai sahabat setiap anak. Bila Anda menjadikan buku sebagai punishment, bisa-bisa balita masuk dalam situasi dilematis antara buku atau anjuran Anda. Semisal, bila ia tidka mau makan banyak, Anda ‘mengancam’ balita tida dibelikan buku.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment