13.1.15

Beberapa Makanan Yang Dapat Memicu Kecerdasan



 Hai bunda... berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu kecerdasan balita, semoga bermanfaat..
Beberapa jenis bahan makanan ini dipercaya bisa menjadi pemicu kecerdasan. Masukkan dalam daftar menu makanan balita Anda. Apa saja?
  1. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA) untuk perkembangan otak serta fungsi otak.
  2. Telur kaya kandungan protein. Kuning telur mengandung kolin yang merupakan salah satu senyawa untuk perkembangan otak.
  3. Selai kacang kaya kandungan vitamin E untuk pembentukan antioksidan dan pelindung membran sel saraf. Kacang tanah juga mengandung tiamin yang membantu sel otak dan sel saraf mengubah glukosa menjadi energi
  4. Gandum tidak disosoh (whole grain) sumber glukosa untuk diubah menjadi energi bagi sel-sel tubuh dan sel-sel otak. Kandungan vitamin B di dalam gandum membantu perkembangan sistem saraf anak.
  5. Oat baik untuk menu sarapan si kecil. Kandungan energinya yang tinggi, membantu aktivitas sel-sel tubuh dan sel-sel otak.
  6. Buah-buahan jenis beri (berries), seperti strawberry, blueberry, dan redberry kaya kandungan antioksidan. Selain itu, mengandung vitamin C, dan bijinya mengandung asam lemak omega-3.
  7. Kacang-kacangan, misalnya kacang merah, mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang diolah menjadi energi bagi aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak. Kacang-kacangan juga tinggi kandungan serat, vitamin, dan mineral.
  8. Sayuran berwarna-warni sangat tinggi kandungan antioksidan, aneka jenis vitamin, dan mineral yang berfungsi menjaga sistem imun agar sel-sel otak kuat dan dapat berkembang serta berfungsi optimal.
  9. Susu dan yoghurt kaya kandungan protein dan vitamin B yang penting untuk perkembangan jaringan otak, kerja enzim dan neurotransmiter (senyawa penghantar rangsang antarsel saraf).
  10. Daging tanpa lemak mengandung zat besi yang membantu kemampuan anak berkonsentrasi. Daging juga mengandung zat seng untuk meningkatkan daya ingat anak.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment