12.1.15

Beberapa Bahaya Jika Balita Terlalu Lama Bermain Game Komputer


Hai Bunda... berikut ini bahaya jika anak anda terlalu lama bermain komputer, moga bermanfaat...
 Apakah Anda termasuk orangtua yang memantau durasi anak bermain komputer sehari-hari? Jika hal ini belum Anda lakukan, ada baiknya mulai sekarang Anda lebih perhatikan. Terlalu lama di depan komputera, ini bahayanya!
  1. Mata rabun jauh. Saat mengoperasikan komputer, mata anak terbiasa melihat dekat. Selain itu, radiasi sinar x, ultraviolet, gelombang mikro dan radiasi elektromagnetik frekuensi rendah yang dipaparkan komputer secara terus menerus pada mata, dapat berakibat mata merah dan bergetar.
  2. Postur tubuh melengkung atau bungkuk, dan badan tidak lentur. Karena posisi duduk, layar monitor, kursi dan meja untuk bermain komputer yang tidak baik.
  3. Nafsu makan berkurang, kurang gizi dan gangguan pencernaan. Permainan atau games di komputer membuat anak penasaran dan ingin terus  mencoba dan mencoba lagi untuk mencapai  skor tertinggi, sehingga anak sering menunda atau lupa makan.
  4. Kecanduan game akan menyebabkan anak kelelahan sehingga menggangu konsentrasinya belajar. Aktifitas yang lain seperti menggambar, bermain, olahraga, bahkan bersosialisasi juga akan semakin berkurang.
  5. Tulisan tangan jelek. Kegiatan menulis adalah keterampilan yang rumit, membutuhkan kematangan dan integrasi kognitif, persepsi dan keterampilan gerak. Menggunakan sebagian besar waktu untuk bermain komputer akan mengurangi waktu anak untuk mematangkan keterampilan ini. Hasilnya adalah tulisan yang jelek.
  6. Gangguan keterampilan komunikasi, kurang gaul dan canggung. Butuh sepuluh tahun pertama dalam hidup anak  untuk membangun keterampilan sosial. Termasuk diantaranya komunikasi secara verbal. Keberhasilan seseorang dalam pergaulan ditentukan oleh keterampilannya mengomunikasikan ide, pikiran, dan minatnya terhadap segala sesuatu dan menjalin relasi yang sehat dengan orang lain. Anak-anak yang menggunakan sebagian besar waktunya untuk berhadapan dengan komputer, melewatkan masa penting ini.
  7. Radiasi ke tubuh, gangguan otot dan darah. Sebuah komponen dalam komputer yang disebut cathode-ray tube (CRT) pada layar monitor menghasilkan radiasi tinggi hingga jarak 30 cm. Tingkat radiasi sebesar 3 miligaus (mG) memancar dalam jarak 30 cm dari arah depan, dan 4 mG dari arah samping, dalam jarak yang sama. Paparan yang terlalu lama mengakibatkan pengguna komputer jadi lebih mudah sakit.
  8. Obesitas. Menggunakan sebagian besar waktu di depan komputer untuk bermain dan belajar, sama dengan  menghambat aktifitas fisik yang penting untuk mengubah kalori menjadi energi.
  9. Keterampilan motorik halus terhambat. Sekitar 69 % anak bisa menggunakan mouse komputer tapi hanya 11 % yang bisa mengikat tali sepatunya. Demikian temuan sebuah riset. Artinya sebagian besar anak melewatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan motorik yang penting untuk menolong diri mereka sendiri. Peluang untuk mengembangkan kemandirian tidak dimanfaatkan, akibatnya ketergantungan anak pada orang dewasa akan menjadi lebih lama.
  10. Carpal tunnel syndrome (CTS). Gangguan pada carpal tunnel – saluran antara telapak tangan dengan pergelangan tangan- yang kerap dialami orang yang sering menggunakan  komputer atau bermain video games selama berjam-jam.   
Daya tahan mata balita untuk menghadapi layar monitor sekitar 1 jam. Batas konsentrasi anak bermain dengan komputer game hanya 15 menit. Batasi maksimal 20 menit saja untuk bermain komputer game untuk menghindari bahayanya.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment