6.8.15

Tips Agar Anak Mudah Tidur



 Hai bunda,... berikut ini berbagai tips agar anak mudah tidur, semoga bermanfaat....

Tidak mudah membuat anak cepat tidur di waktu jam tidur. Dr.Richard Ferber, pendiri  Center for Pediatric Sleep Disorders di Children's Hospital Boston, mengatakan bahwa anak susah tidur, masalahnya bukan pada si anak, namun pada orang tua yang tidak konsisten. Keteraturan, kepastikan, konsistensi merupakan kunci utama dalam mendispinkan anak.  Dalam bukunya  Solve Your Children's Sleep Problems , Dr.Richard berbagai tipsnya:
  • Pertahankan jadwal tidur dengan konsisten. Buat jadwal tidur yang terkontrol dan sesuaikan dengan jam tidur anak.  Terapkan jadwal tersebut secara konsisten setiap hari.
  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman.  Anak harus tidur dalam kondisi yang sama setiap jam tidur tiba. Ciptakan suasana jam tidur yang tenang, sebagai tanda bahwa itu saatnya untuk tidur.
  • Hindari menyusui di malam hari jika tidak perlu. Menurut studi Dr.Ferber, kebanyakan gangguan tidur terjadi pada anak yang diberi makan berulang kali di malam hari. Kebanyakan ibu terus menyusui bayinya agar cepat tidur kembali saat terbangun tengah malam, jadi bukan berdasarkan kebutuhan gizi. Pola ini akhirnya terus berlanjut setiap malam.
  • Jujurlah pada anak Anda. Jangan suka menyelinap keluar kamar setelah ia tidur. Jika Anda akan pergi, biarkan anak melihatnya. Karena dalam banyak kasus, anak akan bangun pada malam hari dan menemukan Anda tidak di sisinya. Di sinilah masalah mulai timbul, anak jadi terbangun dan susah tidur kembali. Buat mereka aktif belajar melawan tidur.
  • Kompak. Kedua orang tua harus kompak menerapkan aturan yang telah disepakati. Karena konsisten adalah kunci penting dalam menerapkan aturan dan mendispinkan anak.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment