28.11.13

Anak aktif apa selalu hiperaktif????

Coba simak info berikut ini dari detik...apakah buah hati kita termasuk aktif apa hiperaktif......hmmmmmmm........

- Mempunyai anak yang aktif dan lincah pasti menjadi hal yang membahagikan hati para orang tua. Namun, ketika anak dinilai terlalu aktif dan cenderung tidak bisa anteng, banyak orang tua yang cemas jikalau si kecil mengalami gangguan perilaku berupa ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) atau hiperaktif.

Nah, menurut ketua divisi tumbuh kembang anak bidang ilmu kesehatan anak FK UNAIR/RSU DR Soetomo Surabaya, Dr.dr. Ahmad Suryawan SpA(K), tidak mudah mendiagnosa anak hiperaktif. Sebab, diagnosa apakah benar anak mengalami gangguan perilaku atau tidak harus ditegakkan melalui pengamatan sehari-hari.

"Jadi jangan langsung mengatakan anak aktif itu hiperaktif. Sebagian besar anak aktif tidak hiperaktif. Kita (dokter) amati bersama orang tua kemudian menggunakan parameter-parameter yang obyektif baru bisa kita katakan anak ini benar-benar hiperaktif atau tidak," tutur pria yang akrab disapa dr Wawan ini kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (27/11/2013).

Selain itu, dr Wawan menegaskan bahwa ciri-ciri hiperaktif antara satu anak dengan yang lainnya bisa berbeda. Meski demikian, orang tua boleh saja merasa khawatir ketika melihat anaknya selalu berenergi dan tidak pernah berhenti beraktivitas atau dengan kata lain tidak bisa anteng.

"Boleh khawatir tapi belum tentu anaknya hiperaktif, lho. Nanti dokternya akan memastikan apakah anak ini benar hiperaktif atau tidak dengan menggunakan parameter yang obyektif. Jadi, tidak dengan parameter perbandingan dengan anak lain," jelas dr Wawan.

Setelah itu, ketika diagnosis sudah didapatkan, menurut dr Wawan, dokter dan yang utama adalah orang tua harus konsekuen menjalankan program atau terapi untuk mengatasi gangguan perilaku tersebut.

"Sekali kita mendiagnosis berarti kita harus konsekuen menjalankan program-program untuk mengatasi gangguan perilaku si anak ini," kata dr Wawan.

0 komentar:

Post a Comment