28.11.13

Agar terhindar dari diabetes..ikuti saran ini yuk!!!"""

DIABETES tipe dua hanya bisa dicegah dengan mengutak-atik gaya hidup Anda. Berikut hal-hal yang bila teratur melakukannya bisa mencegah Anda terkena diabetes.
Secara umum, upaya agar seseorang bisa jauh dari risiko diabetes ialah rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Penelitian menunjukkan bahwa diet sehat yang dikombinasikan olahraga aerobik dan latihan ketahanan tubuh bisa membantu mengendalikan diabetes.

Tak hanya sebatas itu, sebenarnya masih ada beberapa upaya yang ampuh untuk mencegah diabetes. Tidak percaya?

Berikut ulasan yang bisa Anda jadikan referensi, seperti dilansir Healthmeup.


Mengelola berat badan

Seseorang yang berat badan berlebihan atau obesitas lebih rentan terkena diabetes tipe dua, bahkan termasuk bila tak memiliki riwayat keluarga. Kondisi itu bisa terjadi kelebihan berat badan yang meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah Anda. Oleh karenanya, penting untuk menurunkan berat badan, tetapi dalam batas yang sesuai rekomendasi BMI dan memertahankan penurunan berat badan.


Tetaplah aktif

Berat badan dan aktivitas fisik sangat penting agar tubuh berfungsi. Jadi, cobalah pergi ke gym atau tetap aktif untuk membantu otot menyerap glukosa dan memanfaatkan insulin. Sekira 30 sampai 45 menit jalan cepat setiap hari bisa bermanfaat mencegah seseorang terkena diabetes.


Asupan serat

Untuk memperbaiki dan mengontrol kadar gula darah, Anda bisa meningkatkan konsumsi asupan serat. Asupan yang bisa Anda andalkan terdiri dari gandum, sayuran, kacang, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang bagus untuk membantu meredam kolesterol.


Biji-bijian

Biji-bijian adalah sumber serat dan karbohidrat yang baik. Selain serat, biji-bijian juga memberikan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.


Hindari gula pasir

Gula pasir memiliki indeks glikemik tinggi, sehingga bisa meningkatkan kadar glukosa secara instan saat dikonsumsi dan itu meningkatkan peluang Anda terkena diabetes. Perlu diketahui, kenaikan berat badan juga merupakan efek samping dari mengonsumsi gula pasir secara berlebihan.


Pilihlah lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh yang sering dijumpai pada kacang-kacangan dan biji-bijian adalah pilihan yang baik untuk pencegahan diabetes. Sebaliknya, lemak trans dari makanan cepat saji dan makanan yang digoreng bisa membuat berat badan bertambah, di mana dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan diabetes mellitus.
(ind)

0 komentar:

Post a Comment