9.4.16

Tips Pengurangan Gula Ketika Berdiet

Ini nich ada info menarik dari detik health,Bunda tentang tips tips cara mengurangi gula ketika sedang berdiet :)....semoga bermanfaat yaa


The Academy of Nutrition and Dietetics sudah lama merekomendasikan pengurangan konsumsi gula saat menjalani program penurunan berat badan. Sebab, mengurangi konsumsi gula bisa membantu suksesnya program penurunan berat badan.

"Dalam pedoman diet terbaru pun disebutkan konsumsi gula harian hanya Sekitar 10 persen dari seluruh konsumsi kalori harian. Misalnya Anda berencana mengonsumsi 1.400 kalori sehari, maka jumlah gula yang dikonsumsi 140 kalori," kata pakar diet Tanya Zuckerbrot MS, RD.

Dikatakan Tanya, 140 kalori gula setara dengan konsumsi 2 sendok makan madu atau 9 sendok teh gula pasir. Nah, seperti dikutip dari Fox News, berikut ini beberapa tips yang dikatakan Tanya dapat membantu menurunkan konsumsi gula harian:

1. Membaca label makanan

Gula tambahan tidak hanya datang dari permen dan kue. Tahukah Anda bahwa dalam saus, kerupuk, bahkan salad dapat pula terkandung gula? Membaca label makanan, untuk mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan adalah cara termudah untuk mendapatkan makanan yang sehat, demikian disampaikan Tanya.

"Beberapa kombinasi makanan yang dapat dipertimbangkan untuk konsumsi harian adalah keju dengan kayu manis atau irisan lemon di dalam air. Kayu manis yang merupakan rempah-rempah juga baik sebagai agen anti inflamasi, dapat meredakan infeksi dan memperbaiki jaringan internal," jelas Tanya.

Baca Juga: Catat! 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Gagalkan Program Diet

2. Perbanyak konsumsi buah

Buah-buahan mengandung pemanis alami, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Walaupun manis, buah mengandung serat yang banyak.

"Buah raspberry misalnya, manis dan hanya mengandung 65 kalori. Selain itu, juga mengandung 8 gram serat yang dapat menurunkan kadar gula Anda secara alami," ucap Tanya.

3. Menggunakan pemanis non kalori

Sesekali, Anda bisa menggunakan pemanis non kalori sebagai penggantu gula. Tanya mengungkapkan, yoghurt dan oatmeal mengandung 20 gram dan 15 gram gula per porsi. Akan tetapi, dengan membeli yoghurt dan oatmeal tanpa gula dan menambahkan pemanis tanpa kalori, maka konsumsi gula Anda akan jauh menurun.
(sumber : detik health)

0 komentar:

Post a Comment