9.4.16

Tips Mengatasi Ketika Si Kecil Gondongan

Bunda,jika suatu hari si kecil mengeluh bagian bawah kupingnya sakit, badannya pun mengalami demam, dan kemudian timbul bengkak di area tersebut, waspadalah si kecil terkena penyakit gondongan.
Gondongan tidak bisa diremehkan, ia adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan karena infeksi virus.
Kelenjar ini terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Karena itu orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.
Perlu diketahui bahwa penyakit gondongan adalah penyakit menular, umumnya diderita anak-anak. Penyakit ini disebabkan virus dari keluarga paramyxovirus.


Yang berbahaya, cara penyebaran virus ini sama seperti flu, yakni melalui udara. Kita bisa tertular jika menghirup udara yang sama ketika berada di dekat penderita gondongan yang bersin atau batuk.


Bisa juga virus ini menular melalui perantara, seperti memakai sapu tangan yang sama, gelas yang sama, sendok yang sama, sedotan yang sama, atau handuk yang sama dengan penderita.
Gejala gondongan lainnya yang perlu dicermati: Demam tinggi; Mulut kering; Nyeri perut; Hilang nafsu makan; Lelah; sakit kepala; kesulitan menelan; dan merasakan nyeri pada sisi wajah.
Jika si kecil tertular penyakit gondongan ini, biarkan ia beristirahat di rumah. Jangan mengajaknya ke tempat umum yang menyebabkan orang lain berpotensi tertular.
Obat gondongan sendiri sebenarnya tidak ada, ia bisa disembuhkan dengan sistem kekebalan tubuh yang berhasil melawan infeksi. Namun demikian kita perlu melakukan langkah-langkah untuk perawatan.
1. Kompres bagian yang bengkak dan terasa sakit dengan air hangat.
2. Dianjurkan untuk cukup istirahat dan banyak minum air putih
3. Jangan mengonsumsi minuman yang dapat mengiritasi kelenjar parotid, seperti jus buah
4. konsumsi makanan lunak agar terhindar dari rasa sakit akibat mengunyah.
5. Minumlah obat pereda rasa sakit (misalnya parasetamol atau ibuprofen) yang telah diresepkan oleh dokter sesuai dosis yang dianjurkan.
Penyakit gondongan biasa sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Temui dokter kembali jika dalam waktu tersebut penyakit gondongan belum sembuh.
Foto ilustrasi: google

0 komentar:

Post a Comment