27.4.16

Tips Dukung Si Kecil Menjadi Anak Hebat


Hai bunda, berikut ini tips dukung sikecil menjadi anak hebat, semoga bermanfaat ya?

Tidak ada yang lebih membanggakan orangtua saat memiliki anak yang hebat, yaitu anak yang cepat tanggap sehingga memiliki prestasi di bidang akademik dan juga memiliki rasa peduli. Anak yang hebat memiliki keseimbangan antara kecerdasan kognitif (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ). Lalu, bagaimana peran dan dukungan orangtua untuk membentuk si Kecil menjadi anak hebat?

Stimulasi IQ dan EQ
Berikan stimulasi yang tepat sesuai dengan masa pertumbuhannya, namun perlu diingat bahwa perkembangan EQ tidak dapat diukur layaknya IQ. Perkembangan EQ si Kecil merupakan proses yang harus dikembangkan secara bertahap sejak dini.

Untuk membuat pola asuh yang tepat, ajak anggota keluarga lain untuk bekerjasama agar tercipta sebuah lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak. Maksimalkan potensi yang dimiliki si Kecil dengan memberikan stimulasi seperti berikut ini:

1. Sepenuh hati
Tinggalkan ponsel Anda atau berhenti melakukan aktivitas lain saat bersama si Kecil. Beri perhatian penuh meski hanya sekedar berguling bersama, berlari kejar tangkap atau saling bercerita. Jika dilakukan penuh cinta maka akan mengembangkan sel-sel emosional si Kecil.

2. Berbagi
Berikan si Kecil sekantong cokelat, bujuk si Kecil untuk membaginya dengan teman. Jangan lupa untuk ajak ia menghitung jumlahnya. Selain mengasah IQ ia pun belajar bagaimana bersikap, berbagi dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

3. Empati
Perkenalkan bentuk wajah dan emosi. Bunda bisa menggambarnya di atas kertas lalu minta si Kecil menirukannya. Dengan mengenali reaksi wajah seseorang, akan lebih mudah buat Bunda untuk memperkenalkan empati pada si Kecil, seperti menghibur Ayah sepulang kerja.

4. Berikan tanggung jawab
Berikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuannya. Cukup minta si Kecil lakukan hal sederhana seperti; membereskan mainannya, mematikan televisi setelah menonton atau menaruh sepatu di tempatnya. Selain melatih motorik, jiwa tanggung jawab dan disiplin si Kecil pun bisa terbentuk.

Nutrisi Untuk Anak Hebat
Selain stimulasi dari luar, Si Kecil membutuhkan nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatannya. Nutrisi yang mengandung Zat Besi dan DHA sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan si Kecil.
Zat Besi bermanfaat untuk pembentukkan sel darah merah dan mendukung tumbuh kembang anak, sementara DHA berfungsi meningkatkan perkembangan otak anak.
DHA merupakan salah satu jenis asam lemak Omega 3 yang berperan penting dalam perkembangan otak. Kandungan Zat Besi dan DHA ini bisa Bunda temukan dalam makanan sehari-hari. Zat Besi bisa ditemukan di daging, hati dan sayuran hijau. Sementara DHA terdapat di ikan salmon, telur, tuna serta kacang tanah.

(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment