6.8.15

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Bayi Dengan Variasi Makanan Bergizi



Hai bunda,... berikut ini tips meningkatkan nafsu makan bayi dengan variasi makanan bergizi, semoga bermanfaat ya?
 
Seringkali bayi memainkan makanan yang sedang dikunyahnya, bahkan beberapa bayi menolak pemberian makanan pendamping ASI dan lebih memilih ASI saja sebagai sumber untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Kondisi seperti ini seringkali ditangkap oleh orang tua sebagai hilangnya nafsu makan bayi terhadap makanan terutama menu MPASI. Salah satu cara yang aman adalah dengan memvariasikan makanan untuk bayi anda sehingga mengenal berbagai jenis rasa. Memasuki usia 6 bulan, bayi tidak saja membutuhkan asi dalam melengkapi kebutuhan nutrisinya melainkan makanan pendamping asi yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi sesuai dengan perkembangannya. Pemberian ASI pada bayi yang telah mendapatkan MPASI disesuaikan dengan keinginan bayi, hal ini dikarenakan kandungan gizi pada asi sudah dapat dibantu dengan adanya MPASI.
Peranan MPASI berpengaruh besar dalam perkembangan bayi terutama dalam memberikan energi dan zat gizi yang dibutuhkan bayi, kemudian juga membantu bayi beradaptasi dengan makanan yang mengandung kadar energi yang tinggi dan mengembangkan kemampuan makanan untuk mengunyah. Tantangan yang seringkali dialami oleh ibu dalam pemberian MPASI adalah penolakan bahkan kurangnya nafsu makan pada bayi. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja, apalagi pada bayi yang baru saja sembuh dari sakit. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan bayi adalah dengan memberikan variasi makanan bergizi seperti berikut :
1.    Pada pertama pemberian MPASI, anda dapat memvariasikan makanan bayi sehingga bayi anda dapat mengenal rasa. Hindari penggunaan gula dan garam terlebih dahulu pada pemberian MPASI. Rasa dari sayur, buah, lauk pauk mampu memberikan rasa yang berbeda.
2.    Pada awal pemberian MPASI anda dapat menjadwalkan menu makan seperti pemberian bubur bayam, bubur buah, bubur saring. Anda dapat mengatur jadwal makanan dari tekstur yang lembek menuju makanan yang padat.Ketika bayi anda menolak bubur saring di usia 6 bulan, jangan berikan tim terlebih dahulu, yang bisa anda lakukan menambah rasa dari beranekaragam bahan makanan.
3.    Dalam pemberian variasi makanan sebaiknya anda mengenalkan sayuran yang lebih dominan, dikarenakan umumnya buah-buahan berasa manis bisa diterima oleh bayi. Bila memungkinkan pilihlah bahan makanan sayuran segar apalagi bila sayuran organik yang menyehatkan.
4.    Anda dapat menyediakan cemilan yang sehat untuk bayi yang anda olah dari salah satu bahan seperti yogurth, keju, buah, sayur. Sehingga meskipun makanan sedikit akan tetapi kebutuhan nutrisi bagi bayi anda dapat tercukupi dengan seimbang. Disarankan cemilan dibuat sendiri, adapun bila memang terdesak waktu seperti sedang diperjalanan maka dapat membeli cemilan khusus bayi.
5.    Sesekali ciptakan suasana makan bersama bayi anda dengan menyenangkan. Apalagi pada bayi yang sudah berusia 12 bulan dapat anda ajak untuk menyusun menu makanan.Tidak disarankan pada anak anak mendapatkan menu makanan yang sama dalam satu hari misalnya pagi hari dengan nugget, siang dengan nugget dan sore masih sama dengan nugget. Meskipun memiliki nafsu makan yang tinggi tapi anda sebaiknya mengimbangkan dengan cemilan jus buah dan sayur.

Sumber : Bidanku.com

0 komentar:

Post a Comment