6.8.15

Tips Menghadapi Anak Yang Rewel Saat Makan



Hai bunda,... berikut ini tips menghadapi anak yang rewel saat makan, semoga bermanfaat ya?
 
Menginjak usia 1.5  tahun, anak mulai tahu perbedaaan rasa dan tekstur makanan. Hal inilah yang menjadikan anak sulit makan. Agar jam makan tidak menjadi waktu yang menegangkan, praktikkan hal-hal berikut saat anak mulai rewel saat waktu makan tiba.

Berikan pilihan. Anak yang rewel dan tidak mau makan bisa jadi karena ia bosan dengan makanannya. Beri pilihan jenis makanan lain. Misalnya, jika saat itu anak sedang makan ikan, sediakan juga telur, yang memiliki tekstur atau warna yang berbeda. Lalu amati reaksi anak. Jika ia suka telur , masukkan dalam daftar menunya. Namun jika anak menolak, hentikan dulu acara makan dan coba lagi 1 jam kemudian.

Tidak memaksa. Jangan paksa anak makan atau menghabiskan makanannya. Sebab hal ini justru akan membuat anak benar-benar menolaknya. Cobalah terus secara perlahan dan sabar. Tawarkan makanan pilihan Anda padanya dua kali dalam sehari. Jika ia tetap menolak, coba lagi besok dalam bentuk yang berbeda dan lebih bervariasi. Misalnya Anda ingin anak mencicipi kentang rebus. Jika anak tidak suka, coba lagi dengan bentuk yang lain seperti membuatnya menjadi perkedel kentang yang dikombinasikan dengan daging giling.

Makan bersama. Ajak anak makan bersama keluarga sehingga Anda bisa memberinya contoh. Selain itu, suasana makan bersama lebih membangkitkan selera makan anak. Anda juga bisa memberi contoh dengan memakan makanan terlebih dahulu. Katakan “hmm, enak” usai mencicipi makanan. Jika ia tetap rewel saat jam makan, maka Anda perlu menghadirkan suasana baru saat jam makan. Misalnya, mengganti peralatan makan yang biasa dipakai dengan peralatan makan yang baru.

Potong lebih kecil. Memotong makanan dengan ukuran yang lebih kecil dapat membantu anak untuk memakannya dan mencegah dia tersedak. Jika potongan makanan yang lebih kecil tidak banyak membantu mengatasi anak yang sulit makan, buat kreasi makanan dengan membeli cetakan-cetakan makanan yang berbentuk lucu dan unik. Ajak anak untuk ikut memotong dan mencetak makanan. Pastikan ia sudah mencuci tangan ya, Bu.

Gunakan piring dan sendok yang unik. Selain warna, bentuk dan gambar yang tercetak dalam peralatan makan anak juga menjadi daya tarik tersendiri. Jika memungkinkan Anda bisa membelikan peralatan makan sesuai dengan tokoh yang diidolakannya. Jika anak tetap menolak makan, gunakan peralatan makan ini sebagai alat untuk bercerita saat Anda menemaninya makan.

Terapkan cara makan yang menyenangkan. Anda harus semangat lebih dulu sebelum mengajak anak makan. Jika Anda bersemangat, anak akan ikut bersemangat. Ciptakan kegiatan makan yang menyenangkan, misalnya,  dengan menceritakan asal bahan makanan yang akan dimakan sehingga anak  penasaran dan senang menyantapnya.

Beri pujian dan pelukan saat ia berhasil menghabiskan makanannya sebagai salah satu bentuk hadiah. Dengan begitu ia akan menjadi lebih bersemangat ketika waktu makan berikutnya tiba.

(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment