4.8.15

Tips Mengasah Kecerdasan Matematika Pada Anak




 Hai bunda,... berikut ini tips mengasah kecerdasan matematika pada anak, semoga bermanfaat ya?

Ternyata, tidak susah lho jika Anda ingin mengasah salah satu dari delapan jenis kecerdasan majemuk ini. Berikut tips cara sederhana untuk menajamkan kemampuan balita Anda.

1. Berikan mainan asah-otak seperti puzzle, lego, menyocokkan bentuk dan  atau mengelompokkan benda.

2. Ajak berbelanja ke pasar tradisional atau swalayan, minta ia mengambil makanan sejumlah yang Anda sebut. “Tolong ambilkan 5  apel dan 2 kotak keju. Saat membayar, biarkan ia menyerahkan uang kepada kasir.

3. Bersahabat dengan aktivitas berhitung, manfaatkan jari tangan, orang berbaris, deretan pohon atau mobil yang lalu lalang di jalan. Misalnya, minta anak menghitung mobil berwarna merah yang  ia lihat.

4. Arahkan perhatian pada angka dan pola di sekitarnya. Gunakan manik-manik warna atau kacang-kacangan untuk membuat pola sederhana,  misalnya, buat 3 lingkaran menyerupai lampu lalu-lintas. Susun manik-manik warna merah-kuning-hijau di masing-masing gambar lingkaran, lalu biarkan anak melanjutkan hingga lingkaran tertutup seluruhnya oleh manik-manik.

5. Ajak bermain peran sebagai pedagang dan pembeli. Buat pula “uang” untuk “transaksi” jual-beli. Biarkan anak menghitung jumlah barang yang “terjual” dan “uang” yang dikumpulkan.

(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment