4.8.15

Tips Melatih Anak Untuk Menjadi Anak Yang Mandiri



 Hai bunda,... berikut ini tips melatih anak untuk menjadi anak yang mandiri, semoga bermanfaat ya?

Apakah Anda sudah cukup memberikan kasih sayang pada anak? Atau, jangan-jangan sudah dalam tahap yang berlebihan? Sebelum terlalu jauh, Anda bisa melakukan hal ini agar anak lebih mandiri:

1. Satukan suara
Ajak bicara anak dan orang-orang di lingkungan sekitar, yaitu kakek, nenek, ART dan pengasuh. Semua harus di bawah satu komando, yaitu orangtua, dengan tujuan untuk memandirikan anak.

2.Bangun komunikasi
Sampaikan apa yang menjadi harapan Anda kepada anak. Katakan padanya, "Andi sekarang sudah besar. Jadi, mulai sekarang bisa makan sendiri, yah." Berikan arahan dengan kalimat sederhana dan ucapkan secara perlahan, misalnya, "Ayo, sekarang buka sepatunya, lalu simpan di rak sepatu."

3.Beritahu konsekuensi
Tidak ada salahnya bila Anda sedikit mengancamnya jika ia tidak mau melakukan sendiri. Misalnya ketika ia tidak mau membereskan mainan, katakana bahwa mainan itu akan hilang atau rusak sampai digigit tikus.

4.Apresiasi keberhasilan anak
Ketika anak berhasil mencapai suatu target kemandirian, berikan penghargaan yang membuat anak percaya diri. Anda bisa memberikan pujian, pelukan, ciuman.

5.Harus konsisten
Penting diingat, meminta anak melakukan sesuatu bukan berarti Anda tak sayang atau tak mau memerhatikan anak. Orang lain mungkin saja menilai Anda sebagai orangtua tega, biarkan saja. Toh, Anda melakukannya tanpa kekerasan, ancaman, atau hukuman. Yang juga perlu diingat, persaingan di era masa depan sangat ketat. Kalau anak tak mandiri sejak dini, ia tak siap menghadapinya.

(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment