7.5.15

Tips Mengatasi Bayi Yang Rewel Dan Menangis Di Malam Hari

 
 
 
 
 Hai bunda,... berikut ini tips mengatasi bayi yang rewel dan menangis di malam hari, semoga bermanfaat...

Bayi yang baru lahir "hobi" rewel dan menangis di malam hari. Ternyata ini sebabnya:
  • Lapar. Beri minum/susui menjelang tidur malam agar bayi kenyang dalam jangka waktu lama.
  • Buang air. Cium atau raba popoknya. Segera bersihkan alat genitalnya dengan kapas, keringkan dengan lap, lalu ganti popoknya dengan popok bersih.
  • Bajunya basah akibat keringat. Cepat bersihkan tubuhnya dengan lap, keringkan, dan ganti dengan baju yang menyerap keringat.  
  • Tangan atau kakinya dingin. Pakaikan kaus kaki dan selimuti agar hangat. Jika masih berumur dua atau tiga bulan, bedong dengan menggunakan selimut bayi. Perhatikan suhu ruangan. Jika menggunakan AC, pasang suhu antara 25-27 ºC.
  • Waktu tidurnya terganggu. Ninabobokan dengan bersenandung atau memutarkan lagu yang tenang sambil mengayun-ayun atau mengelus-elus punggung atau dahinya. Bisa juga dengan meredupkan lampu kamar bayi, serta usahakan ruangan cukup hangat dan tidak pengap. Uniknya, terkadang bayi merasa nyaman dengan suara-suara mesin, seperti generator atau mesin air yang berbunyi terus-menerus.
  • Kolik, ditandai dengan tangisan terus-menerus dan melengking seperti kesakitan.  Gendong bayi dalam posisi rebah di dada Anda dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Kadang-kadang, gerakan teratur ketika kita melangkah sambil menggendongnya, membuat bayi merasa nyaman dan tertidur kembali. Anda juga bisa meredakan kolik dengan melakukan memijatnya.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment