7.4.15

Waktu Yang Tepat Memberikan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi


 
 
Hai bunda,... sebenarnya kapan waktu yang tepat memberikan makanan pendamping ASI pada bayi anda? Berikut ini penjelasannya, semoga bermanfaat...
 
Banyak bunda yang bertanya, 'Kapan waktu yang tepat memberikan bayi makanan pendamping ASI (MPASI)?' Beberapa anjuran mengatakan waktu yang tepat adalah ketika bayi berusia 6 bulan. Namun ada pula anjuran dari mertua atau ibu, agar bayi diberikan MPASI pada usia 4 bulan. Mana yang benar?

Waktu yang paling tepat memberikan bayi makanan padat pertama adalah ketika bayi berusia 6 bulan. Karena ada beberapa akibat jika memberikan makanan tambahan pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan atau masih dalam masa pemberian ASI eksklusif, seperti:
  • Konsumsi ASI bayi menurun, dan produksi ASI Anda berkurang.
  • Bayi kekurangan asupan zat pelindung untuk memperkuat sistem imun dari ASI, sehingga bayi lebih rentan terhadap serangan berbagai penyakit.
  • Bayi berisiko lebih besar terserang diare.
  • Lambung bayi akan dipenuhi makanan tambahan yang memiliki kandungan zat gizi jauh lebih rendah daripada ASI.
Untuk kesempatan pertama kali, Anda bisa memberikan bayi Anda pure buah. Bentuk MPASI ini adalah cairan kental yang tentunya bergizi karena dari buah asli. Anda bisa mencoba Jus Tomat Jeruk, Pure Wortel Segar, Pure Semangka, dan sebagainya. Anda juga bisa memberikan nasi tim atau bahan makanan lain yang dikukus atau ditim.

Secara bertahap, kekentalan dan kepadatan makanan bisa ditingkatkan sesuai usia dan perkembangan pencernaannya.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment