8.4.15

Beberapa Tahapan Ketrampilan Makan Bayi



 Hai bunda,... berikut ini beberapa tahapan ketrampilan makan bayi, sudah sampai tahap mana ketrampilan makan bayi anda?

Keterampilan memasukkan makanan ke dalam mulut berkembang pada setiap usia. Dimulai usia 6 bulan, keterampilan makan anak terus berkembang hingga ia betul-betul mahir. Menggunakan sendok, memakai garpu, sendok dan garpu hingga sumpit untuk makan mi. Keterampilan ini  berkaitan dengan koordinasi visual dan gerak, serta koordinasi tangan-mata.
  • Usia 6 bulan. Ketika bayi memegang benda, fokusnya pada benda, bukan pada tangannya. Ia mengeksplorasi benda, termasuk kakinya sendiri dengan kedua tangan dan mulutnya.
  • Usia 7-9 bulan. Bayi mulai paham ada benda yang bisa dipegang, ada yang tidak.
  • Usia 10-12 bulan. kekuatan otot lengan, pergelangan tangan dan telapak tangannya cukup  kuat menopang tubuhnya dan semakin memadai untuk aktivitas makan sendiri.
  • Usia 12-15 bulan. Anak sudah lebih lancar makan sendiri, tapi belum bisa menggunakan sendok atau garpu untuk makan buah.
  • Usia 15-24 bulan. Makan menggunakan sendok dapat dilakukan anak usia ini. Keinginannya mencoba menggunakan sendok sangat kuat.  Didukung keterampilan koordinasi lengan-mata-mulut, anak akan bekerja keras untuk makan menggunakan sendok.
  • Usia 24 bulan ke atas. Keinginan anak untuk mencoba berbagai peralatan makan muncul di usia ini, termasuk mencoba sumpit untuk makan mi dan garpu untuk menusuk buah.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment