3.3.15

Tips Untuk Melatih Dan Mengajarkan Anak Untuk Bisa Mengembangkan Bakatnya

Hai bunda,... berikut ini tips untuk membantu dan mengajarkan anak untuk bisa mengembangkan bakat yang dimilikinya, semoga bermanfaat...

Setiap orang diberikan masing-masing kemampuan dan karunia oleh Tuhan dalam bidang tertentu yang mana hal ini disebut dengan bakat. Bakat yang dijumpai pada masing-masing orang tentu akan berbeda yakni seperti melukis, menggambar, olahraga, bermain musik, bernyanyi dan masih banyak lagi.
Seseorang dengan bakat yang luar biasa dan memiliki kemampuan untuk mengembangkannya akan tumbuh menjadi orang yang bermanfaat dan berharga. Itulah mengapa penting sekali mengasah kemampuan kita sehingga dapat menjadi sebuah anugerah yang luar biasa. Saat ni orangtua cenderung berkeinginan untuk mendorong putera-puterinya yang masih berusia belia untuk mengembangkan bakat mereka. Sampai-sampai orangtua rela merogoh dalam-dalam koceknya untuk mengirim anak-anaknya ke kursus melukis, nyanyi, piano, fotografi dan kursus lainnya yang tergolong cukup mahal demi mengembangkan bakat anak-anaknya.
Upaya mengembangkan bakat anak seperti ini memang berguna untuk mereka, walaupun kadang-kadang jumlah kursus dalam satu hari membuat anak-anak kewalahan. Bahkan orangtua yang mampu dapat saja memberikan les putera-puterinya lebih dari 2 macam dalam satu hari seperti misalkan les musik, ballet, matematika dan lain sebagainya. Namun apakah hal ini sudah sesuai dengan keinginan anak-anak anda?
Akan lebih bijak jika sebagai orangtua kita dapat memberikan ruang atau pilihan terhadap anak untuk memilih apa yang diinginkannya. Jangan sampai keinginan kita menjadi paksaan bagi anak yang membuat mereka tidak dapat mengontrol kemampuannya dan pada akhirnya hanya akan membaut anak stres dan tertekan.
Nah, dibawah ini adalah saran bagaimana untuk mengajak anak untuk belajar mengembangkan bakat mereka.

1. Kenali Bakat Anak

Sebelum terburu-buru memutuskan memilih serangkaian kegiatan les untuk anak. Sebagai orangtua, kita perlu mengetahui hal apa saja yang menjadi minat anak sejak ia kecil, apakah anda sering mendengar anak-anak bernyanyi, apakah anda sering melihat anak menggoyang-goyangkan badannya atau mungkin anda lebih melihat anak anda sering bermain dengan pianonya. Dengan begini anda akan dapat mengetahui apa yang menjadi bakat mereka. Selain itu, bantulah anak-anak anda mengenali bakat mereka.

2. Dorong Anak Untuk Selalu Berlatih

Mengembangkan dan melatih bakat anak yang kedua bisa anda lakukan dengan terus memberikan dorongan pada anak untuk selalu berlatih mengasah bakatnya menjadi sesuatu yang lebih berharga. Misalkan jika anak anda senang bermain piano mintalah anak untuk selalu berlatih dan jangan pernah menyerah. Selain itu, pujian anda pada anak akan menumbuhkan rasa percaya diri dan jiwa optimis pada anak sehingga semangatnya untuk berlatih menjadi bertambah.

3. Berikan Kebebasan Pada Anak Untuk Memilih

Memaksaan keinginan kita pada anak tentu menjadi hal yang kurang bijak, anak mungkin saja tertekan dengan keinginan kita karena hal ini tidak sejalur dengan hobinya. Untuk itu berikan keleluasaan anak untuk memilih apa yang diinginkannya. Dengan begitu ibu harus siap dengan pilihannya dan harus tetap mendorong anak untuk terus berlatih. Setelah anda berupaya keras untuk mendorong mereka namun pada akhirnya anak tetap bermalas-malasan dan tidak serius katakan pada mereka bahwa itu adalah pilihan mereka sendiri. Jangan sampai dikemudian hari anak merasa menyesal dan tidak mau mengembangkan bakat mereka.
Demikian beberapa tips hebat dalam melatih dan mengembangkan bakat pada anak. Bakat anak yang terus dilatih dan dikembangkan akan menjadi sesuatu yang berguna untuk kehidupannya kelak.
(Sumber : Bidanku.com)

0 komentar:

Post a Comment