14.3.15

Tips Mengobati Luka Gores Pada Balita


Hai Bunda,... berikut ini tips mengobati luka gores pada balita anda, semoga bermanfaat...
 Betapapun Anda berusaha melindungi balita, tapi sepertinya dia tetap mudah sekali mendapat luka gores. Namun, apakah tindakan Anda sudah tepat? Berikut tips mengatasi luka gores.
  • Tidak menggosok luka. Hindari menggosok luka dengan alkohol atau hidrogen peroksida untuk membersihkan luka gores. Menggosok luka dengan alcohol atau hidogen peroksida justru bisa merusak jaringan dan memperlambat penyembuhan. Luka gores cukup dibersihkan dengan air dan sabun. Biarkan air mengalir membasahi luka untuk membilas kotoran dan bakteri.
  • Tutup luka dengan plester. Plester luka melindungi luka dari kotoran dan bakteri, mengurangi risiko infeksi. Pastikan Anda sudah membersihkan luka tersebut sebelum ditempeli plester luka dan plester menutupi seluruh luka.
  • Jaga luka tetap lembab. Kelembaban akan membuat luka sembuh lebih cepat, terutama untuk luka yang permukaannya luas. Oleskan cairan antibiotik untuk mencegah infeksi. Menjaga luka tetap lembab juga membuat plester tidak menempel di luka.
  • Lepaskan plester luka perlahan-lahan. Melepaskan plester dengan cepat justru membuat kerompeng (lapisan keras kecoklatan yang terbentuk di atas luka yang mulai sembuh) terkelupas dan membuat luka terbuka lagi. Jika dirasa kerompeng menempel di plester, rendam dalam air hangat untuk melunakkannya baru lepaskan plester. Jika tidak ingin sakit karena rambut ikut tercabut, lepaskan plester searah pertumbuhan rambut. 
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment