4.3.15

Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak



 
 Hai bunda... berikut ini tips untuk mencegah gigi berlubang pada anak, semoga bermanfaat...
Gigi berlobang, sering terjadi pada gigi geraham, karena sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan tuntas saat menyikat gigi dan anak belum mahir berkumur. Gigi berlobang bisa menimbulkan rasa sakit, terutama bila lubang gigi cukup besar. Gigi berlubang ini bisa diikuti radang gusi, yang bisa membuat anak rewel dan tidak mau makan.

Gosok gigi dengan benar! Untuk mencegah gigi berlubang dan menghindari radang gusi, ajarkan anak disiplin menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Pagi sesudah makan dan malam hari sebelum ia tidur. Bila anak tak mau gosok gigi, belikan dia dua buah sikat gigi beda warna dan pasta gigi aneka rasa agar anak senang menjalani  disiplin gosok gigi. Gunakan reward saat ia usai gosok gigi atau menyikat gigi bersama-sama dengan bunda atau ayah.

Jarang menggosok gigi bisa menyebabkan radang gusi karena ada penumpukan sisa makanan di gigi yang berdekatan dengan gusi. Hal ini membuat gusi lebih sensitif, mulai dari warna gusi yang lebih merah hingga gusi yang mudah berdarah.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment