31.3.15

Efek Buruk Jika Anak Kurang Tidur






Hai bunda,... berikut ini efek buruk yang ditimbulkan jika anak kurang tidur, semoga bermanfaat...

Kurang tidur sering dianggap merupakan salah satu penyebab seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit kronis seperti diabetes, depresi, hipertensi dan obesitas. Namun risiko lain juga mengintai jika kondisi ini terus-menerus dialami oleh anak.

Efek buruk dari kurang tidur pada anak tak berbeda jauh dengan orang dewasa, yakni risiko peningkatan berat badan secara berlebihan, tekanan darah tinggi, mudah sakit, serta mengalami penurunan daya tahan tubuh.

"Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur sedikit saja, misalnya 30-60 menit per malam, sudah bisa menyebabkan seorang anak mengalami kesulitan untuk konsentrasi, duduk diam dan memperhatikan, serta semua yang diperlukan anak untuk bisa belajar dan sukses di sekolah," ujar Lisa Meltzer, profesor pediatri di National Jewish Health di Colorado, seperti dikutip dari US News, Senin (30/3/2015).

Meltzer melanjutkan bahwa kurang tidur pada anak-anak yang usianya lebih muda kemungkinan juga berefek pada perilakunya yang menjadi hiperaktif. Sebaliknya, anak-anak yang usianya lebih tua dan remaja yang kurang tidur umumnya menjadi lebih murung, mudah tersinggung dan menarik diri.

Sarah Morsbach Honaker, seorang psikolog dari Riley Hospital for Children menambahkan bahwa anak-anak yang kurang tidur kelak juga berisiko lebih rentan terhadap perilaku berbahaya seperti yang berkaitan dengan penggunaan narkoba dan dalam beberapa kasus bahkan bunuh diri. Lantas berapa jam sebenarnya kebutuhan tidur pada anak?

Jika mengacu pada pedoman tidur berdasarkan usia anak yang ditetapkan oleh National Sleep Foundation, balita minimal tidur 11 jam; anak-anak prasekolah minimal tidur 10 jam; anak-anak usia sekolah minimal 9 jam; dan remaja sebaiknya tidur tidur kurang dari 8 jam.

Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa anak kurang tidur di antaranya anak sulit bangun di pagi hari dan anak kerap tertidur dengan lelap di siang hari. Selain itu, karena masih lelah umumnya anak akan tampak kelelahan dan lemas sepanjang hari.
(Sumber : detikhealth.com)

0 komentar:

Post a Comment