26.12.14

Tips Mengurangi Rewel Pada si kecil ketika akan Tumbuh Gigi



 Hai bunda...berikut ini tips mengurangi rewel pada si kecil ketika akan tumbuh gigi, moga bermanfaat ya?

Bayi Anda rewel dan gusinya tampak bengkak? Itu bisa jadi tanda akan muncul gigi pertamanya. Umumnya gigi pertama muncul saat bayi berusia 6-9 bulan. Saat gigi ini muncul, si kecil memang bisa jadi merasa tidak nyaman. Bagaimana mengatasinya?

dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA MARS dalam buku 'Anak Sehat: 100 Solusi Sehat dr Tiwi' menyebut gigi yang pertama akan muncul adalah gigi depan bagian bawah. Kemudian diikuti gigi depan bagian atas, lalu gigi geraham pertama, gigi taring, dan jumlah gigi ini akan sempurna saat anak-anak berusia 2,5 hingga 3 tahun.

"Sayangnya proses munculnya gigi pertama ini tidak selalu mulus. Timbul rasa tidak nyaman yang membuat anak menjadi rewel," kata dokter yang akrab disapa dr Tiwi ini dalam buku tersebut, dikutip pada Senin (22/12/2014).

Saat bayi rewel, memang bukan melulu tanda akan muncul gigi. Maka itu, perhatikan gejalanya. Untuk memastikan apakah si kecil akan tumbuh gigi atau tidak, Anda bisa menyentuh gusinya yang terlihat agak bengkak. Biasanya akan teraba seperti benda keras di dalamnya. Sering pula bayi Anda akan mengeluarkan liur yang cukup banyak, bahkan sampai menetes ke luar.

"Si kecil juga akan senang menggigit-gigit untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal di area gusinya. Kadang-kadang rasa tidak nyaman pada gusi menyebabkan anak kecil kesulitan tidur, gelisah, dan rewel," papar dr Tiwi.

Saking tidak nyamannya, kadang bayi yang sudah mendapat makanan pendamping ASI menolak makan. Nah, untuk mengatasinya, coba berikan mainan khusus untuk mengurangi rasa gatal di gusi. Sebelum si kecil menggigit-gigit mainan tersebut, ada baiknya Anda sterilkan terlebih dahulu.

"Mainan ini juga bisa duiganti dengan wortel rebus yang sudah diletakkan di lemari pendingin," saran dr Tiwi.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengusap gusi si kecil dengan kain basah yang steril. Kegiatan itu bisa mengurangi rasa tidak nyaman si kecil. Jangan lupa, teruslah mengajak bermain si kecil agar dia tidak terlalu fokus pada rasa tidak nyaman yang dirasakan.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment