15.12.14

Tips Mengurangi Biang Keringat Pada Bayi


 Bunda... mempunyai bayi yang sering terserang biang keringat? berikut ini tips untuk mencegah biang keringat, moga bermanfaat...
Biang keringat adalah bentuk penyakit kulit ketika tampak ruam dan bintik kecil di permukaan kulit, memerah, terasa gatal, dan perih saat disentuh. Biasanya biang keringat timbul di kening, punggung, dada, sampai seluruh tubuh anak. dalam buku All About Kesehatan Anak (2014), ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi biang keringat pada bayi dan anak, yaitu:
1. Kenakan baju dari bahan katun pada bayi dan anak, baju dengan bahan sintetis atau wol justru akan memicu keringat berlebih sebagai penyebab biang keringat.
2. Bagi bayi dan anak yang terbiasa tinggal di udara dingin, usahakan memberikan lingkungan yang sama saat bepergian. Misalnya dengan membuka jendela, menyalakan AC, atau kipas angin.
3. Kenakan baju tanpa lengan dan celana pendek pada anak saat udara terasa gerah.
4. Mandikan anak dengan air yang tidak terlalu hangat, jika terbiasa mandi air dingin saat usia anak di atas 1 tahun maka usahakan untuk mandi air dingin saja.
5. Jika telah terjadi biang keringat, lap bagian tubuh yang ada biang keringatnya kemudia keringkan lalu taburkan bedak khusus biang keringat.
6. Jika anak alergi terhadap bedak atau biang keringat tak kunjung hilang, coba gunakan cairan boorwater letakkan di kapas dan oleskan ke bagian yang terserang biang keringat.
7. Hubungi dokter saat bayi dan anak telah merasa terganggu dan mulai rewel akibat biang keringatnya.
Nah, itu tadi beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi biang keringat pada bayi dan anak.
(Sumber : kompas.com)

0 komentar:

Post a Comment