31.12.14

Tips Mengatasi Ketombe Pada Rambut Bayi



 Hai bunda... bayi anda berketombe? Berikut ini tips mengatasi ketombe pada rambut bayi,moga bermanfaat...
Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa memiliki ketombe. Lapisan bersisik pada kulit kepala bayi ini biasa disebut cradle cap. Cradle cap atau disebut juga dermatitis seborhoik adalah kulit kering yang bersisik pada kulit kepala bayi. Cradle cap sebenarnya tak berbahaya. Namun jika dibiarkan, lapisan bersisik ini bisa menebal dan mengeras hingga membentuk kapalan.
Lapisan bersisik yang seperti ketombe ini biasa muncul ketika bayi berusia dua minggu hingga enam bulan. pada beberapa kasus, 'ketombe bayi' ini akan menghilang selama beberapa minggu, namun bisa juga bertahan hingga berbulan-bulan.
Peneliti dari Mayo Clinic percaya bahwa penyebab ketombe pada kepala bayi ini adalah hormon yang diturunkan oleh ibu pada bayi saat dalam rahim. Hormon tersebut membuat kepala bayi kelebihan minyak dan membentuk lapisan bersisik seperti ketombe.
Seperti ketombe pada orang dewasa, cradle cap pada bayi terlihat kering dan berminyak. Selain itu, terkadang cradle cap juga menyebabkan kemerahan pada kulit bayi. Cradle cap tidak menular dan bukan merupakan tanda rambut yang tak bersih, seperti halnya ketombe pada orang dewasa.
Jika bayi Anda memiliki cradle cap atau berketombe, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, seperti dilansir oleh Modern Mom (10/12/10).
Langkah 1
Sisir rambut bayi Anda dengan lembut menggunakan siri bayi atau sisir sikat yang halus. Lakukan ini ketika rambut kering dan sebelum Anda mencuci rambutnya.
Langkah 2
Keramasi rambut dan kulit kepala bayi dengan lembut menggunakan sampo bayi untuk menghilangkan ketombe. Keramasi rambut bayi setiap hari dan pastikan Anda membilas sisa-sisa sampo pada rambut bayi Anda sampai bersih. Sisa sampo yang tak bersih bisa membuat ketombe bayi semakin parah.
Langkah 3
Gunakan sampo anti ketombe dua kali seminggu jika sampo bayi tak efektif untuk menghilangkan cradle cap. Namun tentu saja sebelum melakukan ini anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam memilih sampo apa yang tak berbahaya untuk bayi.
Langkah 4
Berikan baby oil pada kulit kepala bayi jika dia memiliki cradle cap. Anda juga bisa mencoba minyak alami seperti minyak almond. Biarkan minyak pada kulit kepala bayi hingga 15 menit, kemudian bersihkan dengan sampo.
Ketika mengetahui bayi memiliki ketombe atau cradle cap, Anda bisa memeriksakan dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk perawatan yang lebih baik dan aman untuk bayi.
(Sumber : merdeka.com)

0 komentar:

Post a Comment