25.12.14

Tips Memberikan Nama Anak

 
 
Bunda...sudah memikirkan nama untuk bayi yang akan lahir? Tak hanya makna dan keindahan yang perlu dipertimbangkan. Soalnya, nama akan disandang seumur hidup. Berikut tips memberikan nama buat calon bayi kita, moga bermanfaat...

Unik dan original. Secara umum, seperti halnya seorang penyair dan seniman terhadap karyanya, para orang tua memberi nama anaknya dengan nama yang unik dan original, agar mudah diingat dan berkesan. Itulah sebabnya, dari masa ke masa, para calon orang tua berupaya mencari nama yang original dan unik. Meskipun tentu saja ada yang memberi nama dengan pertimbangan yang lebih konvensional, seperti memberi nama berdasarkan tradisi turun-temurun, berkaitan dengan latar belakang budaya dan keyakinan.

Cari nama lebih awal. Apabila Anda dan pasangan adalah keluarga muda yang punya kebebasan untuk menentukan nama anak, Anda berdua perlu “berburu” nama, memadu-padankan dan bahkan mungkin mengkreasi sebuah nama yang sama sekali baru. Masa hamil dan menanti kelahiran adalah saat yang tepat. Jangan sampai, terlanjur memilih tanpa pertimbangan dan pada akhirnya buru-buru mengganti namanya.

Masalah seputar nama. Memberi nama anak, orang tua bebas mencari sumber ide, berkreasi, dan memutuskan yang terbaik. Namun hati-hati, karena orang tua kerap kali lupa mempertimbangkan efeknya untuk anak . Beberapa hal yang juga harus dipertimbangkan adalah nama anak sebaiknya tidak menyulitkan anak dalam kehidupannya nanti, dan ia merasa nyaman dengan nama yang disandangnya.

Mengikuti trend. Secara umum ada semacam tren, orang tua masa kini memberi anak nama berdasarkan sesuatu yang sedang in. Selain memikirkan nama lengkap terkadang orang tua juga bingung dengan pemberian nama kecil atau panggilan. Sebagian orang tua memang membuat nama panggilan berdasarkan penggalan atau singkatan nama lengkap. Tetapi tak jarang orang tua membuat nama panggilan yang berbeda dari nama lengkap.
Meski tak mutlak harus menyandang sebuah makna namun nama kecil perlu juga dipertimbangkan dengan cermat.

Aneka sumber. Para orang tua mengaku inspirasi memberi nama anak itu penting. Bila Anda keluarga modern yang tak lagi mengikuti tradisi pemberian nama, Anda bisa mencarinya dari berbagai sumber.  Dari majalah, film, iklan, buku, kitab suci, dll.

Langkah-langkah Sebelum Menentukan!
  • Pastikan arti nama anak sebelum memilih dan memutuskan. Sebaiknya, nama mewakili karakter, makna, dan asosiasi positif.
  • Kalaupun nama yang Anda pilih merupakan “ciptaan” Anda sendiri, pastikan agar namanya cocok disandang anak di segala tahapan perkembangan dan usianya.
  • Pastikan ejaannya tepat (apabila berasal dari bahasa asing) dan mudah dituliskan.
  • Hindari pemberian nama lengkap yang terlalu panjang.
  • Diskusikan gagasan dengan pasangan. Namanya juga anak berdua, harus disepakati berdua, dong!(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment