30.12.14

Tips Agar Ikatan atau Bonding antara Ibu dan Bayi tetap Terjalin walau si kecil diberi ASI Perah



Hai Bunda jika anda termasuk bunda yang bekerja dan memberikan ASI perah pada bayi anda, maka perlu untuk menjaga ikatan antara anda dan buah hati tetap terjalin.Berikut ini tips agar ikatan atau bonding antara anda dan si kecil tetap terjalin walau anda tidak menyusuinya langsung, moga bermanfaat...

Memberikan ASI secara langsung pada buah hati diketahui dapat memberikan manfaat bonding atau ikatan yang mudah terjalin antara ibu dan anak. Namun bagaimana jika si ibu dengan alasan tertentu tak bisa menyusui langsung?

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu pakar laktasi dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM menyampaikan benar adanya bahwa ada tiga keuntungan yang bisa didapat melalui menyusui secara langsung.

Pertama yakni bonding; kedua psikobiologi; dan ketiga manfaat yang didapat dari ASI itu sendiri, berupa segudang nutrisi penting yang tentu sangat dibutuhkan oleh anak dalam proses tumbuh kembangnya.

Menurut dokter yang akrab disapa dr Tami ini, manfaat bonding yakni membentuk ikatan kasih sayang antara ibu dan anak yang bisa terjadi saat anak berada dalam dekapan ibu serta melalui kontak mata. Manfaat kedua yaitu psikobiologi merujuk pada manfaat kesehatan yang dirasakan sang ibu.

Keuntungan ketiga dari menyusui secara langsung yaitu bisa mendapatkan manfaat dari kandungan ASI itu sendiri. Menurut dr Tami, hanya keuntungan ketiga inilah yang bisa didapatkan jika bayi mendapatkan ASI perah.

Nah, jika memang ibu bekerja atau dalam kondisi tertentu tak bisa memberikan ASI secara langsung, psikolog anak Najeela Shihab atau yang akrab disapa Ela ini menyebutkan bahwa penting untuk tetap memberikan perlakuan sama seperti saat memberikan ASI langsung.

"Tetap perlakuannya seperti memberi ASI biasa. Anak tetap dipeluk, dinyanyikan, seperti kebiasaan-kebiasaan kalau sedang menyusui. Sebab kalau tidak nanti anak cuma dapat manfaat nutrisi saja," tutur Ela, dalam talkshow AIMI-Andalan Breastfeeding Fair 2014 yang diadakan di Grand Indonesia, Jakarta, seperti ditulis Senin (29/12/2014).
(Sumber : detikhealth.com)

0 komentar:

Post a Comment