31.12.14

Tips Agar Balita Tidak Mudah Sakit



 Hai bunda... berikut ini tips agar balita tidak mudah sakit. Moga bermanfaat...

Lima tahun pertama adalah masa emas kehidupan anak. Namun, selama masa emas itu sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna sehingga rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Ada hal-hal mendasar yang perlu dilakukan orangtua agar anak tidak sering sakit.
  • Menyiapkan pencernaan sehat sejak dini. Saluran pencernaan sehat adalah awal tubuh yang kuat. Sebab, sekitar 80% sel yang memperoduksi antibody berasa di saluran pencernaan. Zat antibody ini berfungsi sebagai ‘pasukan tentara’ yang akan ‘berperang’ melawan kuman penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh balita. sehingg adalah penting untuk memelihara kesehatan saluran cerna. Saluran pencernaan yang sehat juga akan menguraikan dan menyerap berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh secara optimal untuk menjalankan proses tumbuh kembang. Menyiapkan saluran pencernaan yang sehat diawali dengan pemberian ASI eksklusif sejak anak lahir hingga usia 6 bulan, dan tetap diberi ASI hingga usianya 2 tahun.
  • Memenuhi semua jenis imunisasi wajib dan anjuran sesua usia dan jadwal.
  • Menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang. Perbanyak menyajikan menu dari sayuran dan buah-buahan agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi dengan baik, guna memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hindari pemberian makanan berpengawet (misalnya: sosis, kornet bakso, mie instant), makanan atau minuman terlalu manis (cokelat, permen), makanan berzat pewarna dan banyak mengandung vetsin (MSG).
  • Terapkan pola hidup sehat, pastikan anak beraktivitas, berolahraga dan beristirahat cukup setiap hari.
(Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment