6.12.14

Ternyata menengkurapkan bayi itu boleh dan bagus buat perkembangan motoriknya

Hai bunda ternyata menengkurapkan bayi itu boleh dan memang disarankan lho, berikut ini penjelasannya...
Keseringan melentangkan bayi di minggu-minggu pertama kelahiran adalah tindakan yang kurang tepat.  sebaliknya, anak harus sejak dini lebih sering ditengkurapkan.
"Kalau terlentang, bayi tidak akan bisa bergerak bebas. Jadi letakkan dengan ditengkurapkan di tempat yang hangat sehingga bisa merayap," kata Irene F. Mongkar - Pakar Stimulasi Anak saat talkshow Periode Emas Siapkan Anak ke Masa Depan yang diselenggarakan di sela-sela acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey”di Jakarta belum lama ini.
Irene menemukan fakta di kliniknya bayi yang berumur dua  minggu sudah mampu  merayap sejauh  60 cm yang dilakukan selama kurang lebih 15 menit.
"Tapi yang menjadi masalah saat ini rumah-rumah makin lama makin sempit dan banyak barang jadi menyulitkan mencari tempat yang longar agar bayi bebas bergerak," katanya.
Irine juga  menyebut kebiasaan orangtua yang memasukkan anaknya ke dalam box bayi maupun dibedong adalah tindakan kurang tepat.
Bahkan di hadapan peserta talkshow itu, ia pun meminta calon ibu untuk mengharamkan menggunakan box bayi ataupun kereta dorong bayi.
"Saat berada di dalam box bayi berukuran  1 meter  kali  1,8 meter masih diisi guling bantal mainan. Anak tidak bisa atau kurang bergerak. Apalagi di tempat yang  Jatah bayi dikit  bayi dikit susah gerak sehingga menganggu tumbuh kembang," katanya.
Bayi dibedong tidak banyak memberikan manfaat justru akan membuat bayi tidak leluasa bergerak. "Lebih baik bebaskan anak berada di ruangan yang hangat tidak perlu dibedong," katanya.
Irene mengingatkan perkembangan bayi paling cepat adalah saat berusia 0-4 bulan sehingga saat itu diisi sebanyak mungkin diberikan stimulasi. "Jangan sampai terlambat atau menunda. Berikan kesempatan untuk bergerak," katanya.
(Sumber : tribunnews.com)

0 komentar:

Post a Comment