26.12.14

Penyebab Beruntusan Pada Bayi Yang Baru Lahir



 Hai bunda..wajah bayi anda beruntusan di saat baru lahir? apa penebabnya? berikut ini penjelasannya moga bermanfaat...

Kulit mulus bak bayi baru lahir sering digunakan sebagai ungkapan untuk memuji kulit wajah seseorang yang bersih dan cantik. Padahal tidak semua bayi lahir dengan kulit mulus, ada juga yang punya bercak kemerahan mirip jerawat.

Biasanya bercak merah mirip jerawat itu disebut sebagai beruntusan. Dikatakan pakar, beruntusan pada kulit bayi yang baru lahir memang normal terjadi. Sebabnya, bayi yang baru lahir hormon dalam tubuhnya masih tidak seimbang karena masih membawa hormon dari ibu.

"Jadi itu normal. Bukan pertanda penyakit ya. Beruntusan itu sebenarnya jerawat yang muncul akibat adanya pengaruh hormon ibu dalam tubuh bayi," tutur dr Rini Sekartini, SpA(K), konsultan tumbuh kembang dari RSCM, ditemui detikHealth di Hongkong Cafe, Jl Sunda, Menteng, Jakarta Pusat, seperti ditulis pada Jumat (19/12/2014).

Dikatakan oleh dr Rini bahwa beruntusan ini merupakan fase normal yang dialami oleh bayi yang baru lahir. Karena merupakan pengaruh hormon dan bukan penyakit, maka tidak diperlukan adanya pengobatan apapun.

"Nanti hilang sendiri kok. Satu sampai tiga bulan itu masih kuat pengaruh hormon ibu. Setelah dua bulan biasanya jerawat itu hilang sendiri seiring berkurangnya hormon dari ibu yang ada di tubuh bayi," paparnya.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Jakarta Raya ini mengatakan bahwa jika ibu tetap cemas, boleh-boleh saja wajah bayi yang beruntusan dibersihkan. Syaratnya tidak boleh menggunakan alkohol dan bahan kosmetik lain.

"Dibersihkan dengan air, nggak perlu pakai pembersih yang mengandung alkohol. Lalu dikeringkan dengan handuk. Hindari juga penggunaan kosmetik (lotion, krim, bedak) yang berlebihan," tandasnya.
(Sumber : detik.com)

0 komentar:

Post a Comment