4.12.14

Penyebab Batita mengalami sulit makan


 Hai bunda mempunyai batita yang susah makan? berikut ini penjelasannya, moga bermanfaat.

Di masa batita (1-3 tahun) anak wajar mengalami sulit makan. Lo kok bisa? Apa saja penyebab anak sulit makan?
Anak sulit makan kerap membuat orangtua bingung dan frustrasi. Hanya saja, perlu diingat, sulit makan pada anak, utamanya batita adalah hal wajar. Orangtua harus mencari penyebab anak sulit makan. Langkah selanjutnya, atasi penyebab anak sulit makan tersebut.

Yuk cek penyebabnya. Apakah buah hati Anda termasuk salah satunya?

1. Masa Peralihan
Umumnya, anak sulit makan dimulai di usia batita awal. Ini berkaitan dengan perkembangannya. Bukankah pola makan batita sedang dalam masa peralihan, dari yang cair atau lembek menjadi ke makanan padat? Artinya, dia harus mengunyah dan bukan lagi tinggal menelan seperti dulu. Inilah yang menjadi penyebab anak sulit makan.

2. Alami Penurunan Nafsu Makan
Pada periode usia 1-3 tahun, anak memang tengah mengalami penurunan nafsu makan. Itulah mengapa, di awal usia batita, si kecil hanya makan sedikit atau terlihat anak sulit makan. Terlebih, setelah berusia 1 tahun, pertumbuhan badan anak memang tak sepesat sebelumnya, sehingga makanan yang dikonsumsinya pun berkurang. Belum lagi daya tampung lambungnya memang relatif masih kecil. Bila dipaksa makan, kemungkinan ia akan muntah.

3. Masuk Periode Food Jag
Periode usia 1-3 tahun juga disebut sebagai usia food jag, yaitu anak cuma mau makan makanan yang ia sukai. Jika sejak awal dikenalkan pada sosis goreng, misal, si kecil langsung suka, maka esoknya dan esoknya lagi ia akan minta makan pakai sosis goreng lagi. Lama-lama, akhirnya si kecil mau makan hanya kalau “ditemani” sosis goreng. Pilah-pilih makanan menjadi penyebab anak sulit makan.

4. Faktor Turunan
Penyebab anak sulit makan juga disebabkan faktor keturunan. Sebagian anak, sejak bayi punya nafsu makan kurang baik yang memang disebabkan faktor bawaan. Ada beberapa bukti bahwa faktor genetik berpengaruh terhadap gangguan makan. Jadi, bila orang tua atau anggota keluarga lain punya riwayat sulit makan, kemungkinan besar hal itu menurun pada anak.

5. Alami Gangguan di Mulut dan Gigi
Anak sulit makan? Mungkin penyebabnya ia sedang sakit. Sama seperti orang dewasa, anak-anak yang sedang tak sehat, umumnya akan menolak makanan. Terutama, jika kondisi itu disebabkan penyakit yang langsung berkaitan dengan proses mengunyah dan menelan seperti seperti sariawan, sakit gigi, dan radang tenggorokan. Semua gangguan dan penyakit itu menjadi penyebab anak sulit makan.
(Sumber : tribunnews.com)

0 komentar:

Post a Comment