31.12.14

Penting!! Bayi Perlu Bersendawa Setelah Menyusu



 Hai bunda ternyata bayi bersendawa setelah disusui adalah hal penting, berikut ini penjelasannya, moga bermanfaat...

Memiliki bayi adalah salah satu hal yang paling membahagiakan, sekaligus menakutkan, terutama bagi ibu yang baru memiliki anak. Ada lebih banyak yang harus diperhatikan oleh ibu selain memberi makan, membersihkan, dan menidurkan anak. Ibu juga harus mengawasi ketika bayi menangis atau terlihat tak nyaman dan menemukan alasan di baliknya.

Ketika bayi terlihat tak nyaman atau ingin menangis setelah disusui, kemungkinan besar bayi belum bersendawa. bayi yang bersendawa setelah disusui mungkin adalah hal remeh, namun hal tersebut penting untuk kesehatan dan kenyamanan bayi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bayi harus bersendawa setelah disusui, seperti dilansir oleh Health Me Up (03/07).

1. Menjaga kesehatan sistem dalam tubuhnya
Ketika udara masuk ke tubuh bayi saat disusui, udara tersebut akan mengganggu sistem pencernaannya. Hal ini kemudian membuat bayi merasa tak nyaman pada bagian perutnya. Karena itu, setelah disusui lebih baik bayi segera dibuat bersendawa untuk mengeluarkan udara tersebut dari tubuhnya dan mencegah masalah pencernaan.

2. Mencegah colic
Colic adalah rasa sakit yang parah dan biasanya disebabkan oleh angin yang terperangkap pada perut. Jika bayi mengalami hal ini biasanya mereka mengisap banyak angin atau udara ketika makan. Membuat bayi bersendawa setelah makan akan mengurangi risiko bayi mengalami colic dan membuat pencernaannya lebih nyaman.

3. Tidur bayi lebih nyenyak
Bayi yang tidak bersendawa setelah makan, kemudian tidur, biasanya akan sering terbangun atau rewel saat tidur. Ketika Anda melihat bayi terlihat tak nyaman dan sering terbangun dari tidur, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah rasa tak nyaman atau sakit pada perut. Coba untuk membuatnya bersendawa, kemudian tidurkan bayi lagi.

4. Bayi lebih nyaman dan aktif
Gas dalam pencernaan bahkan bisa membuat orang dewasa merasa tak nyaman dengan tubuhnya, hal yang sama juga terjadi pada bayi. Gas dalam sistem pencernaan akan membuat mereka tak nyaman dan tak suka beraktivitas. Karena itu, cobalah untuk membuat bayi bersendawa setelah makan untuk menghilangkan gas dalam pencernaannya. Dengan begitu bayi akan menjadi nyaman dan terus aktif sepanjang hari.

Itulah alasan mengapa bayi perlu bersendawa setelah disusui atau setelah makan. Jangan sampai gas yang terbawa ke dalam sistem pencernaan bayi saat makan atau disusui membuatnya tak nyaman bahkan sampai mengalami sakit perut yang parah.
(Sumber : merdeka.com)

0 komentar:

Post a Comment