19.12.14

Jika Bayi terlalu Higienis ternyata Malah Gampang Sakit



 Hai Bunda...ternyata terlalu higienis, bayi malah gampang sakit, berikut penjelasannya, moga bermanfaat...

Sebagai seorang ibu, tentunya wajar jika memberikan penjagaan maksimal dari virus dan bakteri kepada si buah hati. Mulai dari alat mandi, pakaian hingga kosmetik seperti bedak dan lotion diberikan agar bayi terhindar dari infeksi.

Pakar mengatakan bahwa memang sebaiknya bayi harus selalu bersih dan higienis agar tak terserang penyakit. Namun dr Rini Sekartini, SpA(K), konsultan tumbuh kembang dari RSCM mengatakan bayi yang terlalu higienis malah lebih gampang terserang penyakit. Lho, kenapa?

"Maksudnya membersihkan bayi hingga higienis itu karena daya tahan tubuh bayi belum sempurna kan. Tapi kalau terlalu higienis dan sewaktu-waktu ibunya lupa misalnya, bayi jadi lebih rentan sakit, infeksi lebih mudah masuk karena perlindungan luarnya hilang," tutur dr Rini dalam seminar media Kesehatan Kulit Bayi untuk Tumbuh Kembang, di Hongkong Cafe, Jl Sunda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/12/2014).

Bayi menjadi lebih rentan sakit karena tidak terbiasa dengan virus dan bakteri yang ada di sekitarnya. Virus dan bakteri yang biasanya tak menyebabkan apa-apa malah menjadi berbahaya karena bayi menjadi lebih sensitif.

Untuk itu, dr Rini menyarankan agar para orang tua, terutama orang tua baru, tidak berlebihan ketika memberikan produk untuk bayi. Sebaiknya, produk yang digunakan hanyalah produk yang penting saja seperti sabun dan sampo.

"Nggak usah pakai lotion lagi, abis lotion dikasih bedak lagi, itu nanti malah bisa bikin iritasi, karena kulit bayi kan sensitif," ungkapnya.

Tentunya produk yang digunakan adalah produk khusus untuk bayi. Karena itu, ibu harus cermat memilih produk. Produk harus sesuai dengan PH bayi serta bebas dari kandungan deterjen.
(Sumber : detik.com)

0 komentar:

Post a Comment