2.12.14

Ini Kelebihan Anak yang Diberi ASI


Pemerhati perempuan dan anak, Dr Giwo Rubianto Wiyogo, menyatakan, anak yang diberikan air susu ibu (ASI) mempunyai imunitas yang tinggi dibandingkan dengan anak yang diberi susu formula.

Karenanya, ASI wajib diberikan kepada buah hati, karena merupakan hak anak. "Hak anak itu sejak dalam kandungan, karenanya ibu harus memberikan ASI kepada bayinya," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (15/9).

Acara itu terkait dengan puncak Pekan ASI Se-Dunia 2014 yang dirayakan Kementerian Kesehatan dengan mengusung tema nasional yakni "Menyusui: Kemenangan untuk Kehidupan".

Giwo menjelaskan, ASI juga meningkatkan ikatan ibu dan anak dan tentu saja lebih hemat karena tidak perlu membeli susu formula. "Sebagus apapun susu formula, tetap ASI yang terbaik," kata perempuan yang juga aktivis Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) itu.

ASI juga praktis karena orang tua tidak perlu membuatkan susu sebelum diberikan kepada anak. Ia menuturkan, keluarga, pemerintah, dan perusahaan juga harus mendukung pemberian ASI pada anak.

"Ibu-ibu muda yang sibuk bekerja umumnya tidak memberikan ASI kepada anaknya, karena itu perlu ada pemahaman mengenai pentingnya ASI," katanya.

Selain itu, perusahaan juga perlu mendukung pemberian ASI dengan menyediakan ruang laktasi. Tidak hanya sekedar ruangan tetapi juga dilengkapi fasilitas penunjang.

"Kalau di luar negeri, fasilitas yang diberikan di ruang laktasi itu lengkap, ada tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang. Bukan sekedar formalitas," terang dia.
(Sumber  http://www.republika.co.id)

0 komentar:

Post a Comment