3.12.14

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Selama Masa Kehamilan



Melahirkan mudah dan memiliki bayi yang sehat adalah hal-hal yang diinginkan oleh setiap ibu. Namun bagaimanapun, tidak semua proses kehamilan berjalan dengan lembut. Untungnya, banyak faktor yang beresiko dapat diketahui sebelum hamil, atau pada awal hamil. Ketika beberapa faktor resiko tidak dapat diubah (contohnya tinggi badan, umur), perawatan yang ekstra dan perhatian yang khusus mungkin bisa mencegah komplikasi, atau setidaknya akan membantu dengan pendeteksian dan pengelolaan terlebih dahulu.
Banyak faktor yang beresiko untuk kehamilan yang serupa dan dengan mudah dapat diketahui. Jika satu atau lebih banyak dari resiko ini yang ada pada Anda, lebih baik untuk mendiskusikan hal tersebut dengan dokter bersalin Anda atau dokter sekarang - bahkan jika Anda belum hamil. Membuang resiko sejak awal akan membuat kandungan Anda lebih aman dan lebih sehat, memberikan bayi Anda permulaan yang terbaik di kehidupannya.

Sejarah masa hamil yang buruk
Komplikasi yang terjadi pada kehamilan yang sebelumnya sering menjadi ancaman meningkatnya resiko tersebut pada kehamilan yang berikutnya. Jika Anda berpikir bahwa Anda bisa saja terkena resiko tersebut, sangat penting untuk Anda untuk memulai perawatan sebelum melahirkan ataupun sebelum atau baru saja Anda hamil.  
Beberapa kejadian yang sudah terjadi yang penting untuk dibicarakan dengan dokter bersalin Anda adalah:
* Melahirkan secara premature  : Melahirkan terlalu cepat sebelum waktunya bisa saja menyebabkan beberapa hal, namun di beberapa kasus, dokter bersalin Anda atau GP bisa membantu memperkecil resiko melahirkan secara prematur lainnya dengan membantu Anda menghindari keadaan yang beresiko yang mungkin sudah terjadi sebelumnya.
* Berat badan bayi yang rendah sebelumnya  : Jika Anda memiliki byi yang berat badannya kurang dari 4.5 pounds, pastikan untuk memberitahukan kepada dokter bersalin Anda, karena dia memiliki ilmu kebidanan yang diperlukan untuk mengawasi Anda lebih dekat. Tes tambahan dan peninjauan akan memperlihatkan pertumbuhan bayi Anda.
* Keguguran dan bayi yang meninggal setelah dilahirkan: Memiliki tiga atau lebih dari pengalaman keguguran atau bayi meninggal setelah dilahirkan secara berurutan, berarti resiko meningkat sama.
Ketika penyebab dari kejadian yang tidak mengenakan ini tidak selalu diketahui, GP Anda dapat mengarahkan Anda untuk mengikuti tes, seperti peninjauan gen, membantu Anda untuk mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi pada kehamilan Anda.

Bagian Perut Caesar (pembedahan perut untuk menolong melahirkan anak)
Wanita yang sudah mempunyai bagian perut Caesar, biasanya perlu dilakukan pada saat melahirkan selanjutnya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki bagian perut Caesar, perencanaan untuk melahirkan bayi Anda harus disertai dengan  alat-alat kesehatan untuk melahirkan secara Caesar. Meskipun melahirkan secara normal mungkin terlihat menyenangkan untuk beberapa alasan, itu terlalu penuh resiko untuk Anda dan bayi Anda.

Badan yang lebih pendek
Wanita yang secara jelas terlihat pendek mungkin akan mendapat masalah saat melahirkan. Hal ini benar sekali terutama jika ayah dari bayi lebih besar - secara sederhana ini akan membuat bayi lebih besar. Jadi, jika tinggi badan Anda kurang dari lima kaki dan ayah bayi Anda tinggi, atau memiliki bentuk tubuh seperti pemain rugby, biarkan dokter bersalin Anda mengetahui hal tersebut!

Persoalan berat badan
Berat badan juga dipertimbangkan. Idealnya, Anda harus tertuju pada kenyataan bahwa Anda kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan sebelum Anda mengandung. Bagaimanapun, jika Anda sudah mengandung dan berat badan Anda tidak berada di ukuran yang sehat - seperti yang ditentukan oleh dokter atau dokter bersalin (bidan) - Anda boleh mengacu pada penata diet. Jika dokter bersalin Anda memperlihatkan bahwa Anda kekurangan berat badan, Anda mungkin butuh peninjauan tambahan untuk mengawasi pertumbuhan bayi Anda.

Efek Usia
Saat ini, wanita yang hamil bisa disemua usia. Beberapa usia berhubungan dengan resiko kesehatan yang meningkat selama mengandung dan wanita-wanita tertentu membutuhkan perhatian khusus.
* Ibu remaja  : wanita yang melahirkan di usia remaja mereka memerlukan kebutuhan yang khusus. Contohnya, anemia (kekurangan sel darah merah) sering terjadi pada ibu usia remaja.                     
* Usia 35 keatas  : Banyak wanita memilih untuk memiliki bayi pada usia yang terlalu tua untuk hamil. Ketika ada kesempatan untuk menunggu, wanita yang lebih dari 35 memerlukan perhatian secara medis lebih teliti selama mengandung. Resiko melahirkan bayi cacat meningkat setelah usia 35, dan ketika Anda melahirkan dengan mudah, Anda akan memerlukan beberapa tes tambahan dan pengawasan yang lebih dekat.

Hamil Berturut-turut            
Jika Anda sudah memiliki empat anak atau lebih, Anda bisa saja beresiko tinggi untuk tekanan darah tinggi, melahirkan secara prematur, pendarahan yang banyak, retained placenta, melahirkan tergesa-gesa, dan setelah melahirkan, Anda akan mengalami anemia. Anda akan memerlukan nutrisi yang baik dan tes lebih banyak, dan dokter bersalin Anda harus menjelaskan tanda tekanan darah tinggi untuk berhati-hati

Posisi yang tidak normal
Jika bayi Anda berbaring miring atau terbalik di dalam perut Anda, resiko untuk melakukan Caesar lebih tinggi, meskipun ini tidak terlalu diperlukan untuk kelahiran bayi yang sungsang. Untungnya, sebagian besar bayi memutar tubuhnya ke posisi yang tepat sebelum 36 minggu; sebaliknya, Anda boleh mengacu pada dokter kebidanan Anda yang - jika hal ini aman untuk dilakukan - akan mencoba memutar si bayi. Jika memungkinkan, Anda akan ditawari untuk melakukan Caesar, namun pastikan untuk mendiskusikan pilihan ini terlebih dahulu secara detail dengan dokter bersalin atau ahli kebidanan Anda - ketahui alasan dan cara supaya Anda lebih rileks dan nyaman ketika waktunya memiliki bayi tiba!

Gangguan kejiwaan
Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (The World Health Organization) menyatakan bahwa semua wanita membutuhkan beberapa dukungan emosional selama mengandung. Bagaimanapun, Anda mungkin membutuhkannya sedikit jika Anda tidak bahagia atau sedih tentang sesuatu - mungkin Anda pengangguran, dan Anda khawatir tentang menjadi seorang ibu, atau sedang bermasalah dengan pasangan Anda. Bahkan pindah rumah baru-baru ini bisa berpengaruh secara signifikan kepada kemampuan Anda untuk menguasai tugas sehari-hari.
Tidak ada alasan untuk menutupi kesulitan yang sedang dialami. Berbicaralah dengan seseorang - seorang teman, doker bersalin Anda, seorang dokter - dapat membuat Anda mendapat pandangan yang baru dan segar. Dengan mengurangi kegelisahan, badan Anda akan fokus dalam membuat kehidupan baru di dalam diri Anda. (Sumber http://www.mothercare.co.id/id/thingsto-watch)

0 komentar:

Post a Comment