16.12.14

Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

Kehamilan tentu menjadi sebuah momen yang menggemberikan bagi setiap pasangan suami istri yang mendambakan segera memiliki keturunan. Apalagi jika kehamilan ini merupakan hal yang telah diimpi-impikan pasangan suami istri sejak lama. Mendapati sang istri mengandung, tentunya menjadi sebuah kebahagian yang tak terhingga dalam keluarga. Betapa tidak, tidak lama lagi ibu dan suami akan segera mendengar tangis dan canda tawa sang buah hati yang telah dinanti-nanti.

Kehamilan adalah moment yang membahagiakan sekaligus mendebarkan, untuk itu ibu perlu menjaga dan memperhatikan segala sesuatunya agar ibu dan si janin dalam kandungan senantiasa sehat terjaga. Semua orang tentu menginginkan bayi yang mereka nantikan dapat lahir ke dunia dengan normal dan sempurna tanpa memiliki kecacatan sedikitpun. Untuk itu, menjaga dan memperhatikan kondisi kesahatan ibu dan janin selama kehamilan menjadi poin penting yang harus selalu ibu lakukan.

Lantas, apa sajakah faktor yang membuat kecacatan jadi bisa terjadi? Kita simak berikut ini.

1. Faktor Perokok Aktif Ataupun Pasif

Semua orang mungkin sudah mengetahui bahwa rokok mengandung nikotin yang berbahaya utnuk ibu maupun janin yang ada dalam kandungannya. Bukan hanya perokok aktif yang beresiko mengalami kecacatan pada janin yang dikandungnya, perokok pasif pun demikian. Zat kimia yang bersifat toxic pada rokok akan membuat anak memiliki resiko yang negatif seperti IQ yang rendah dan berperilaku tidak baik. Untuk itulah, ketika hamil, sebaiknya usahakan agar anda berada jauh dari sumber asap rokok untuk menghindari kecacatan janin yang ada dalam kandungan.

2. Faktor Konsumsi Junk Food yang Berlebihan

Saat ini konsumsi terhadap makanan siap saji seolah telah menjadi gaya hidup yang hampir sulit dipisahkan dari masyarakat. Hidangan junk food yang begitu menggoda membuat siapa saja tergiur untuk mencicipinya. Namun tahukah anda, sekali anda mencoba biasanya anda akan ketagihan untuk kembali melahapnya lagi. Hal ini disebabkan karena junk food mengandung zat aditif yang membuat anda ketagihan. Terlalu sering mengkonsumsi junk food akan berimbas buruk untuk kehamilan sebab akan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan otak janin. Janin akan beresiko memiliki IQ yang lebih rendah serta menjadi hiperaktif.

3. Faktor Terlalu Banyak Kafein

Banyak orang yang meyakini konsumsi kafein akan membuat anda merasa lebih bersemangat terutama ketika anda merasakan lemas dan kantuk saat malam hari. Kafein akan membantu anda terjaga dimalam hari. Hanya saja konsumsi kafein yang terlalu berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan, termasuk kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Adapun dampak yang akan diterima si janin ketika ia lahir kedunia dan tumbuh menjadi anak-anak maka mereka akan kesulitan menerima pelajaran dari sekolah, menjadi hiperaktif serta memiliki IQ yang lebih rendah.

4. Faktor Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dan minuman keras lainnya seolah telah menjadi gaya hidup baru bagi sebagian besar masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Hanya saja, jika dikonsumsi oleh ibu hamil hal ni akan dapat menyebabkan cacat lahir pada janin. Seorang wanita yang sering mengkonsumsi alkohol ketika hamil akan memiliki resiko bayi mengalami kerusakan otak. Bukan hanya itu, perkembangan janin dalam kandunganpun menjadi terganggu.

Pada intinya, faktor penyebab terbesar terhadap kecacatan janin dalam kandungan dipengaruhi oleh gaya hidup yang buruk dan tidak beraturan. Untuk itu, ubah gaya hidup anda dan mulai jalankan pola hidup sehat agar janin beserta ibu hamil akan terjaga kesehatannya.

(Sumberhttp://bidanku.com/ketahui-faktor-penyebab-kecacatan-pada-janin)

0 komentar:

Post a Comment