26.12.14

Dampak Sering Gonta-ganti Produk Pada Bayi


 Hai bunda sering gonta ganti produk bayi bisa mengakibatkan iritasi lho, berikut penjelasannya, moga bermanfaat...

Setiap ibu tentunya ingin memberikan produk terbaik bagi buah hatinya. Namun terkadang, ibu sendiri sering bingung menentukan merek serta produk apa yang palong bagus untuk sang buah hati.

Dikatakan dr Rini Sekartini, SpA(K), konsultan tumbuh kembang dari RSCM, tak sedikit ibu, terutama ibu baru, yang sering gonta-ganti produk untuk bayinya. Padahal menurutnya, kebiasaan ini tidak baik karena dapat menyebabkan kulit bayi iritasi.

"Kalau ibu baru biasanya kan suka dapat hadiah atau kiriman dari teman-temannya. Ya handuk, popok, losion, krim, sampo, sabun semuanya ada, macam-macam mereknya. Nah namanya ibu sering nggak mau rugi, akhirnya dipakai semuanya," ungkap dr Rini.

"Padahal kebiasaan ini tidak baik. Bayi, apalagi bayi yang baru lahir kulitnya sangat sensitif, sangat mudah menyerap iritan. Kalau misalnya sabunnya tidak cocok sama bahan merek sebelumnya, bisa-bisa nanti kulit bayinya iritasi," tandas dokter yang juga menjabat Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Jakarta Raya, ketika dihubungi detikHealth, Jumat (19/12/2014).

dr Rini memaklumi bahwa ibu, terutama ibu baru, masih kebingunan untuk menentukan produk apa yang harus digunakan untuk bayinya. Tak jarang pula para ibu yang mengantar anaknya berobat berkonsultasi dengan dirinya terkait produk.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar para ibu untuk menggunakan satu produk saja. Tentunya, produk yang digunakan haruslah produk khusus untuk bayi dan tidak berbahaya untuk kulit.

"pH-nya harus sesuai dengan pH bayi yaitu 5,5, tidak boleh mengandung antiseptik, deodoran, deterjen dan bahan beracun lainnya karena dapat terserap oleh kulit bayi," jelasnya.
(Sumber : detik.com)

0 komentar:

Post a Comment